Lindiatmojo, Priyo Jatmiko (2024) Pengembangan ebook berbasis kearifan lokal Ponorogo pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005311_JUDUL__240627102923.pdf Download (599kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005311_BAB_I__240627101903.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005311_BAB_II__240627101903.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005311_BAB_III__240627101903.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005311_BAB_IV__240627101903.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005311_BAB_V__240627101904.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005311_DAFTAR_PUSTAKA__240627101904.pdf Download (153kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005311_LAMPIRAN__240627101904.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005311_NASKAH_PUBLIKASI__240627101904.pdf Download (478kB) |
Abstract
Berdasarkan keberagaman kualitas pendidikan Indonesia yang belum merata, maka sekolah dapat memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing sebagai bahan pembelajaran. Pembelajaran berbasis kearifan lokal sejalan dengan tujuan IPAS yaitu untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan ketertarikan diri dalam lingkungan dan pemahaman konsep IPAS. Pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal menjadikan pembelajaran kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ebook berbasis kearifan lokal Ponorogo pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas V SD Negeri Biting. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik.
Tahap pengembangan ebook dimulai dengan tahap analisis meliputi analisis permasalahan dan karakteristik peserta didik. Dilanjutkan tahap perencanaan yaitu perancangan produk ebook yang meliputi penyajian materi pada mata pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka pada materi “Daerah Kebangganku, desain grafis, mengumpulkan objek serta mendesain karakter dan panel dalam ebook menggunakan web canva. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan ebook berdasarkan perencanaan sebelumnya dan dilakukan validasi para ahli sebagai penilaian kelayakan dan pedoman revisi produk. Tahap implementasi dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan kepada peserta didik di kelas dan hasil penilaian dari guru serta peserta didik untuk menentukan kualitas dari ebook. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi terhadap pengembangan ebook berdasarkan hasil penilaian dari para ahli kemudian dilakukan revisi sesuai saran dan masukan dari para ahli untuk menghasilkan ebook yang layak dan berkualitas. Berdasarkan penelitian ini kualitas ebook berbasis kearifan lokal pada materi Daerah Kebanggaanku dengan skor rata-rata validasi ahli sebesar 87 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan penilaian guru dan peserta didik terhadap ebook kearifan lokal pada materi Daerah Kebanggaanku menunjukkan kelayakan yang diperoleh sebesar 89 dan penilaian peserta didik sebesar 100 dengan kriteria “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Ebook, kearifan lokal, Ponorogo dan IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:46 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64905 |
Actions (login required)
View Item |