Shafira, Nindiyana (2024) Pengembangan media Lift The Flap Book materi persebaran fauna di Indonesia muatan IPAS bagi siswa kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005321_JUDUL__240625021717.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005321_BAB_I__240625021733.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005321_BAB_II__240625021811.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005321_BAB_III__240625021837.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005321_BAB_IV__240625021859.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005321_BAB_V__240625021859.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
T1_2000005321_BAB_VI__240625021950.pdf Restricted to Registered users only Download (41MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005321_DAFTAR_PUSTAKA__240625021930.pdf Download (495kB) |
|
Text (BAB 0)
T1_2000005321_BAB_0__240625022017.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005321_LAMPIRAN__240625022043.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005321_NASKAH_PUBLIKASI__240625022102.pdf Download (675kB) |
Abstract
Pembelajaran di Indonesia saat ini menerapkan Kurikulum Merdeka dengan salah satu perubahan pembelajaran IPA dan IPS di gabungkan menjadi pembelajaran IPAS. Hal tersebut bisa menjadi kendala karena guru harus membuat bahan ajar yang sesuai dengan IPAS, maka guru juga harus beradaptasi dengan hal tersebut. Penggunaan media dalam sebuah pembelajaran masih terbatas dan menjadi sebuah masalah yang ada dalam pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan suatu perbaikan yang sesuai pada tujuan pembelajaran IPAS agar tercapai secara efektif dan efisien. Terbatasnya penggunaan media di kelas V di SD, menjadi masalah yang sangat penting untuk dipecahkan. Media pembelajaran alternatif untuk dapat mengatasi permasalahan yang cocok pada muatan IPAS yaitu salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran visual. Media visual yang dipilih adalah grafis animasi cerita yang dikemas dalam Lift The Flap Book.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan ADDIE menurut (Branch, 2009). Metode ini menggunakan 5 langkah-langkah yang penting didalamnya, yaitu: 1) Analisis (analysis), 2) Desain (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation) , dan 5) Evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli Bahasa, penilaian guru kelas V dan respon peserta didik kelas V yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan uji coba pilot test kelompok kecil dan kelompok besar.
Dari hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif oleh para ahli menunjukkan bahwa: oleh ahli media dengan nilai 100 dalam kategori A yaitu “Sangat Baik”, mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan nilai 85 dalam kategori A yaitu “Sangat Baik”, memperoleh mendapatkan penilaian dari ahli pembelajaran dengan nilai 92,5 dalam kategori A yaitu “Sangat Baik”, serta mendapatkan penilaian dari ahli Bahasa dengan nilai 85 dalam kategori A yaitu “Sangat Baik”, sehingga dapat disimpulkan media Lift The Flap Book.layak untuk digunakan. Kemudian diujicobakan oleh guru dan peserta didik melalui respon lembar penilaian hingga memperoleh penilaian sebagai berikut: ujicoba oleh guru memperoleh nilai 96,8 dan peserta didik kelas V memperoleh nilai rata-rata 93 dalam kategori A yaitu “Sangat Baik”. Dapat kesimpulan bahwa pengembangan media lift the flap book materi persebaran fauna di Indonesia muatan IPAS bagi siswa kelas V SD masuk ke dalam kategori sangat baik digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media, pembelajaran, Lift the Flap Book, fauna |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 06:08 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64926 |
Actions (login required)
View Item |