Penerapan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) bebantuan media WordwalL untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya

Radianty, Shafira Noferda (2024) Penerapan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) bebantuan media WordwalL untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005066_JUDUL__240626095320.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005066_BAB_I__240626095320.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005066_BAB_II__240626095320.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005066_BAB_III__240626095320.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005066_BAB_IV__240626095320.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005066_BAB_V__240626095320.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005066_DAFTAR_PUSTAKA__240626095320.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005066_LAMPIRAN__240626095533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005066_NASKAH_PUBLIKASI__240626095533.pdf

Download (907kB)

Abstract

Hasil observasi awal pembelajaran IPAS masih menggunakan model pembelajaran konvensional membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran, sibuk dengan aktivitasnya sendiri, masih malu untuk bertanya dan menyampaikan pendapat. Pembelajaran yang menoton dan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa membuat siswa tidak memahami materi yang disampaikan secara maksimal membuat hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat membuat siswa belajar aktif yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangwaru yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I presentase keaktifan belajar siswa 72,18% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,36%. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pra siklus sebesar 69, pada siklus I sebesar 76,73, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,48. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT cocok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, Wordwall, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:09
Last Modified: 03 Jul 2024 06:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64929

Actions (login required)

View Item View Item