Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati

Muhaimin, Agung Nuryahya (2024) Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031354_JUDUL__240628110232.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031354_BAB_I__240628105714.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031354_BAB_II__240628105714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031354_BAB_III__240628105714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031354_BAB_IV__240628105714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031354_BAB_V__240628105714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031354_DAFTAR_PUSTAKA__240628101830.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031354_LAMPIRAN__240628094828.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pengajaran yang monoton dan adanya perubahan kurikulum yang
sering terjadi, menyebabkan kesulitan bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran di
kelas. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini difokuskan pada
penerapan metode discovery learning, yang telah terbukti meningkatkan kualitas
belajar siswa dengan mendorong keterlibatan aktif dan berpikir keras. Metode
discovery learning menempatkan peserta didik pada lingkungan yang dikondisikan
dalam bentuk desain pembelajaran yang eksploratif, dimana peserta didik berperan
secara aktif dalam belajar di kelas dengan melakukan eksplorasi bahan pelajaran.
Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran fikih yang menumbuhkan kemampuan
untuk mengeksplorasi nilai-nilai ajaran Islam dalam bahan pelajaran secara intens
yang kemudian dapat diterapkan dan dilaksanakan secara relevan dalam kehidupan
sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi peneliti tentang penerapan
metode Discovery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Muhammadiyah 3 Mlati. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan
metode pembelajaran PAI berbasis discovery learning, (2) Mengetahui factor
pendukung dan penghambat dari penerapan metode Discovery Learning pada
pembelajaran PAI (3) Mendskripsikan Evaluasi metode pembelajaran PAI berbasis
discovery learning, Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Adapun data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran Pendidikan
Agama Islam berbasis discovery learning diwujudkan dalam bentuk Silabus beserta
pengembangan RPP dan Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dilakukan sesuai dengan kegiatan pelaksanaan metode discovery yakni adanya
kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (2) Faktor pendukung dari
penerapan metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati yakni dukungan penuh dari pihak sekolah
berupa pelatihan untuk guru, media pembelajaran dan antusias dari peserta didik.
Sedangkan factor penghambat dari penerapan metode tersebut ketidakstabilan ego
peserta didik dan kurangnya prasarana dan (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam berbasis Discovery Learning dilaksanakan dengan cara tes non tes
secara pengamatan langsung (observasi).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Discovery learning, pembelajaran, penerapan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:51
Last Modified: 02 Jul 2024 04:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65027

Actions (login required)

View Item View Item