Strategi kreatif iklan Jempolan Coffee dengan konsep video company profile

Zamroni, Abu Khair (2024) Strategi kreatif iklan Jempolan Coffee dengan konsep video company profile. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800030314_JUDUL__240703080512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800030314_BAB_I__240703080512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800030314_BAB_II__240703080512.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800030314_BAB_III__240703080512.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800030314_BAB_IV__240703080513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800030314_BAB_V__240703080513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800030314_DAFTAR_PUSTAKA__240703080513.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800030314_NASKAH_PUBLIKASI__240703080513.pdf

Download (271kB)

Abstract

Iklan merupakan suatu hal yang penting dalam memasarkan produk maupun jasa. Melalui iklan yang disampaikan dengan baik. Iklan informatif dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang produk atau ciri baru produk yang sudah ada. Beberapa ahli telah merumuskan definisi tentang penyutradaraan. Salah satunya adalah Manriquez dan McCluskey (2014:27) yaitu merumuskan pekerjaan seorang sutradara menjadi: Pertama, mengubah naskah menjadi serangkaian gambar (shot) yang dapat difilmkan. Kedua, membuat atau mengawasi pembuatan storyboard dan shotlist sebagai alat komunikasi dengan kru. Ketiga, memilih aktor yang sesuai dan dapat memberikan penampilan yang dibutuhkan. Keempat, melatih aktor dan kru, serta memberikan masukkan yang membangun. Kelima, mengawasi proses kreatif dari mulai pra produksi hingga pasca produksi. Tujuannya yaitu untuk menciptakan strategi iklan dan media promosi suatu produk atau jasa.
Dalam hal ini pesan juga memegang peranan yang cukup penting, iklan company profile “JEMPOLAN COFFEE” adalah ikan yang dibuat sebagai media promosi, dan informasi kepada khalayak, terutama remaja maupun orang dewasa (kalangan keluarga dan anak muda) rentang umur 17 sampai 35 tahun yang menyukai tempat seperti coffe shop. Penulis yang berperan sebagai sutradara dalam perancangan karya ini mengemas ceritanya menggunakan pendekatan berdasarkan motto yang dimiliki Jempolan Coffee yaitu memanjakan 4/5 indramu, divisualisasikan dengan memperlihatkan interior outdoor dan indoor cafe karena mengusung tema industrial dan alam. Sebagaimana yang dilihat dan dirasakan oleh penulis sendiri saat berada di jempolan coffee.
Konsep editing pada iklan company profile ini akan menggunakan editing dengan penggunaan transisi sederhana, yaitu menggunakan teknik editing Transisi cut to cut, dan effect Cross Dissolve, dan film Dissolve, Lower third effect, text effext. Proses pengerjaan tugas akhir karya Iklan Company Profile yang berjudul “JEMPOLAN COFFEE” penulis disini berada pada departemen sutradara sebagai sutradara. Peran sutradara dalam proses produksi Iklan Company Profile “Jempolan Coffee”, sangatlah penting mulai dari tahap pra-produksi, produksi hingga hasil akhir di tahap paca produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Iklan, company profile Jempolan Coffee, penyutradaraan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:36
Last Modified: 03 Jul 2024 07:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65076

Actions (login required)

View Item View Item