ANALISIS PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENITAS PADA LINGKUNGAN PROSES PRODUKSI FROZEN FOOD DI CV PRASODJO SLEMAN BERDASARKAN SSOP (SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURE)

Khasanah, Uswatun ANALISIS PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENITAS PADA LINGKUNGAN PROSES PRODUKSI FROZEN FOOD DI CV PRASODJO SLEMAN BERDASARKAN SSOP (SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURE). [Laporan KP]

[thumbnail of KP_2015033037_JUDUL.pdf] Text
KP_2015033037_JUDUL.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of KP_2015033037_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_2015033037_ISI LAPORAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Makanan menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, dengan berbagai jenis makanan mulai dari makanan berat, ringan, pedas, manis. Sehingga makanan harus diatur dan dijaga seoptimal mungkin agar tidak mendatangkan dampak buruk, terutama bagi kesehatan. Dalam suatu industri yang bergerak dalam bidang pangan, kegiatan sanitasi dan higiene penting untuk diterapkan contohnya pada CV PRASODJO yang memproduksi olahan frozen food berlokasi di Sleman, Yogyakarta. SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) merupakan prosedur yang penting dalam menjaga kualitas dan mutu suatu produk makanan serta menjamin keamanan pangan dari suatu produk. Tujuan dari kegiatan kerja praktik ini antara lain menganalsis kondisi fisik suatu industri serta penerapan kegiatan sanitasinya jika dikaitkan dengan SSOP.
Metode yang digunakan dalam pengambilan data meliputi observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Tahapan analisis meliputi penyajian data dan membandingkan dengan literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan kegiatan sanitasi yang sesuai dengan delapan kunci SSOP sebanyak 65,625%. Masih terdapat kekurangan seperti pada kunci pencegahan kontaminasi silang, kunci menjaga tempat cuci tangan & toilet, kunci kesehatan karyawan, dan kunci pengendalian hama. Maka terdapat beberapa tindakan yang bisa dilakukan seperti selalu menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) yang lengkap dan sesuai standar, penerapan budaya rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan kamar mandi, pemberantasan hama, dan lain-lain. Faktor yang menyebabkan penerapan sanitasi belum maksimal yaitu kurangnya fasilitas yang mendukung kegiatan sanitasi, serta kurangnya pemahaman dan kesadaran pentingnya cara berproduksi pangan yang baik dan benar. Hal ini perlu ditingkatkan akan penerapan SSOP di perusahaan agar tidak terjadi kontaminasi yang dapat menurunkan produktifitas unit pengolahan pangan.

Item Type: Laporan KP
Keyword: Kata kunci: frozen food, industri, kontaminasi, sanitasi, SSOP
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:22
Last Modified: 06 Jul 2024 06:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65082

Actions (login required)

View Item View Item