Implementasi pembelajaran cooperative learning guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta

Pangestu, Andrean (2023) Implementasi pembelajaran cooperative learning guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031172_JUDUL__230522095519.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031172_BAB_I__230516103821.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031172_BAB_II__230516103822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031172_BAB_III__230516103822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031172_BAB_IV__230516103822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031172_BAB_V__230516103822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031172_DAFTAR_PUSTAKA__230516103822.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031172_LAMPIRAN__230516103822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya guru pendidikan agama Islam di SMP N 2 Yokyakarta yang hanya fokus pada pembelajaran ceramah, sehingga monoton dan menjenuhkan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran cooperative learning guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. (2) bagaimana minat siswa setelah diimplementasikan pembelajaran cooperative learning. (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan cooperative learning.
Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa: (1), proses implementasi pembelajaran cooperative learning guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP N 2 Yogyakarta yaitu pembelajaran ini lebih dianggap efektif dan aktif karena dapat menarik minat belajar siswa dengan cara berkelompok agar berpikir kritis, memecahkan masalah serta saling bertukar pendapat/ide dari berbagai teman sebaya. (2), minat belajar siswa setelah diimplementasikannya pembelajaran cooperative learning minat belajar siswa semakin baik, lebih aktif dan sangat antusias di dalam kelas dan menyukai pembelajaran ini, dan didukung juga oleh metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. (3), faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang telah tersedia, guru yang berkompeten dalam mengemban tugasnya serta materi yang menarik sehingga siswa memiliki keingintahuan yang tinggi, kemudian faktor penghambatnya yaitu: kurangnya pengawasan guru didalam kelas sehingga kelas menjadi tidak kondusif, serta kurangnya motivasi-motivasi yang diberikan guru kepada siswa sehingga beberapa siswa masih memiliki minat belajar cenderung masih rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi pembelajaran cooperative learning, guru pendidikan agama Islam, minat belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:52
Last Modified: 11 Jul 2024 03:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65176

Actions (login required)

View Item View Item