Pangestu, Andrean (2023) Implementasi pembelajaran cooperative learning guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031172_JUDUL__230522095519.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031172_BAB_I__230516103821.pdf Download (763kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031172_BAB_II__230516103822.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031172_BAB_III__230516103822.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031172_BAB_IV__230516103822.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031172_BAB_V__230516103822.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031172_DAFTAR_PUSTAKA__230516103822.pdf Download (418kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031172_LAMPIRAN__230516103822.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya guru pendidikan agama Islam di SMP N 2 Yokyakarta yang hanya fokus pada pembelajaran ceramah, sehingga monoton dan menjenuhkan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran cooperative learning guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. (2) bagaimana minat siswa setelah diimplementasikan pembelajaran cooperative learning. (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan cooperative learning.
Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa: (1), proses implementasi pembelajaran cooperative learning guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP N 2 Yogyakarta yaitu pembelajaran ini lebih dianggap efektif dan aktif karena dapat menarik minat belajar siswa dengan cara berkelompok agar berpikir kritis, memecahkan masalah serta saling bertukar pendapat/ide dari berbagai teman sebaya. (2), minat belajar siswa setelah diimplementasikannya pembelajaran cooperative learning minat belajar siswa semakin baik, lebih aktif dan sangat antusias di dalam kelas dan menyukai pembelajaran ini, dan didukung juga oleh metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. (3), faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang telah tersedia, guru yang berkompeten dalam mengemban tugasnya serta materi yang menarik sehingga siswa memiliki keingintahuan yang tinggi, kemudian faktor penghambatnya yaitu: kurangnya pengawasan guru didalam kelas sehingga kelas menjadi tidak kondusif, serta kurangnya motivasi-motivasi yang diberikan guru kepada siswa sehingga beberapa siswa masih memiliki minat belajar cenderung masih rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi pembelajaran cooperative learning, guru pendidikan agama Islam, minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65176 |
Actions (login required)
View Item |