SYAIFUDIN, SYAIFUDIN (2023) Pengembangan E-Modul self management dalam bimbingan kelompok untuk mencegah kecanduan game online pada siswa kelas X IPS III di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600001293_JUDUL__230805101156.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600001293_BAB_I__230803111106.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600001293_BAB_II__230803111106.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600001293_BAB_III__230803111135.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600001293_BAB_IV__230803111303.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600001293_BAB_V__230803111303.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001293_DAFTAR_PUSTAKA__230803111303.pdf Download (77kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600001293_LAMPIRAN__230803111303.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
Abstract
Kecanduan game online dalam kamus psikologi diartikan sebagai keadaan bergantung pada suartu obat bius. Pada umumnya,kecanduan tersebut menambah toleransi terhadap suatu obat bius, ketergantungan fisik dan psikologis, dan menambah gejala pengasingan diri dari masyarakat apabila obat bius dihentikan kata kecanduan (addiction). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan didapatkan bahwa . Selain itu, berdasarkan hasil wawancara oleh guru BK, layanan yang diberikan oleh guru BK untuk mencegah kecanduan game online belum sepenuhnya optimal serta perlunya adanya pengembangan layanan dan media yang baru untuk membantu guru BK dalam mengoptimalkan layanan untuk mencegah kecanduan game online siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan media berupa elektornik modul bimbingan kelompok self management pada siswa kelas X IPS III SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Adanya media e-modul ini dapat dijadikan sebagai alternatif baru bagi guru BK dalam layanan untuk mencegah kecanduan game online. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Brog and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi desain.
Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan hasil penilaian uji validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yakni ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian oleh uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 79,69 dengan kategori sangat baik. Uji ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 81,25 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka E-Modul Bimbingan Kelompok Self Management Untuk Mencegah Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X IPS III SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kecanduan game online, E-Modul bimbingan kelompok self managemen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65197 |
Actions (login required)
View Item |