Pengembangan E-Modul self management dalam bimbingan kelompok untuk mencegah kecanduan game online pada siswa kelas X IPS III di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

SYAIFUDIN, SYAIFUDIN (2023) Pengembangan E-Modul self management dalam bimbingan kelompok untuk mencegah kecanduan game online pada siswa kelas X IPS III di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600001293_JUDUL__230805101156.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600001293_BAB_I__230803111106.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600001293_BAB_II__230803111106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600001293_BAB_III__230803111135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600001293_BAB_IV__230803111303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600001293_BAB_V__230803111303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001293_DAFTAR_PUSTAKA__230803111303.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600001293_LAMPIRAN__230803111303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan game online dalam kamus psikologi diartikan sebagai keadaan bergantung pada suartu obat bius. Pada umumnya,kecanduan tersebut menambah toleransi terhadap suatu obat bius, ketergantungan fisik dan psikologis, dan menambah gejala pengasingan diri dari masyarakat apabila obat bius dihentikan kata kecanduan (addiction). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan didapatkan bahwa . Selain itu, berdasarkan hasil wawancara oleh guru BK, layanan yang diberikan oleh guru BK untuk mencegah kecanduan game online belum sepenuhnya optimal serta perlunya adanya pengembangan layanan dan media yang baru untuk membantu guru BK dalam mengoptimalkan layanan untuk mencegah kecanduan game online siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan media berupa elektornik modul bimbingan kelompok self management pada siswa kelas X IPS III SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Adanya media e-modul ini dapat dijadikan sebagai alternatif baru bagi guru BK dalam layanan untuk mencegah kecanduan game online. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Brog and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi desain.
Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan hasil penilaian uji validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yakni ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian oleh uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 79,69 dengan kategori sangat baik. Uji ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 81,25 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka E-Modul Bimbingan Kelompok Self Management Untuk Mencegah Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X IPS III SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kecanduan game online, E-Modul bimbingan kelompok self managemen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:11
Last Modified: 08 Jul 2024 02:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65197

Actions (login required)

View Item View Item