Amaliya, Tindo Itsna (2023) Peran guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus anak kelompok B di TK Khalifah Timoho Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800002043_JUDUL__231213091128.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800002043_BAB_I__231213055119.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800002043_BAB_II__231213055119.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800002043_BAB_III__231213055119.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800002043_BAB_IV__231213055119.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800002043_BAB_V__231213055119.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800002043_DAFTAR_PUSTAKA__231213055119.pdf Download (488kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800002043_LAMPIRAN__231213055119.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Problem dari penelitian ini ialah guru mengalami kendala yaitu melakukan pembimbingan pembelajaran anak dalam membantu kegiatan pembelajaran sehingga harus membagi dua kelompok agar dapat memantau anak lebih leluasa dan memberikan sebuah pengarah untuk penjelasan kegiatan pembelajaran motorik halus dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak dan dalam memberikan arahan terlalu cepat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran guru PAUD dalam pelaksanakan pembelajaran motorik halus anak kelompok B. Jenis-jenis peran guru yang akan diteliti yaitu guru sebagai pembimbing dan guru sebagai pengarah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Khalifah Timoho. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas B sebagai partisipan, lalu untuk informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas A dan playgroup. Objek penelitian ini adalah peran guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus anak kelompok B di TK Khalifah.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan penilitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, display dan kesimpulan atau juga verifikasi dan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi dari Sugiyono dengan secara terbuka untuk menggali atau mendapatkan informasi dari narasumber.
Hasil penelitian yang telah diperoleh dari peran guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus pada anak kelompok B di TK Khalifah Timoho Yogyakarta yaitu peran guru sebagai pembimbing: membimbing, membantu, memperhatikan dan menjaga anak dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus. Peran guru sebagai pengarah memberikan pengarah kepada anak ketika melaksanakan pembelajaran motorik halus dengan secara bertahap dan memberikan arahan dengan cara lisan dan mengguanakann gerakan ketika melaksanakan pembelajaran motorik halus. Dalam membimbing dan memperhatikan anak dengan mudah guru melakukan dengan cara mengelompokan antara anak yang sudah bisa dalam keterampilan dengan anak yang masih kurang dalam keterampilan motorik halus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru PAUD, pembelajaran motorik halus, anak kelompok B |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 01:23 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 01:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65207 |
Actions (login required)
View Item |