Salamah, Shofiyah (2023) Perancangan ulang antarmuka pada aplikasi iJogja dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) (studi kasus: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DIY). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800016165_JUDUL__230125015027.pdf Download (532kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800016165_BAB_I__230125015027.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800016165_BAB_II__230125015027.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800016165_BAB_III__230125015027.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800016165_BAB_IV__230125015027.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800016165_BAB_V__230125015027.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800016165_DAFTAR_PUSTAKA__230125015027.pdf Download (146kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800016165_LAMPIRAN__230125015028.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi iJogja merupakan aplikasi milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DIY yang dapat memberikan fasilitas membaca ebook secara gratis. Berdasarkan hasil observasi pada ulasan- ulasan pengguna yang berada di kolom komentar playstore, ditemukan beberapa permasalahan yang ada pada aplikasi ijogja yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. Pada aplikasi ijogja dilakukan usability testing untuk mengetahui efektivitas, efisien dan kepuasan pengguna. Permasalahan yang dialami responden yang didapat dengan wawancara setelah pengujian yaitu kebingungan Ketika pembuatan akun dan login, pengguna sulit menemukan fitur jadwal pengembalian buku ,fitur Riwayat peminjaman dan antrian buku yang tersembunyi, dan tidak terdapat fitur untuk menambahkan fitur pengajuan buku yang dibutuhkan untuk dipinjam, serta fitur atur informasi pribadi yang dibagikan di timeline.
Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) untuk melakukan perancangan ulang user interface aplikasi ijogja. Proses perancangan ulang pada penelitian ini yaitu melakukan perancangan proses yang akan dilakukan, mengidentifikasi pengguna melalui wawancara, dan kemudian usability testing dan wawancara yang kemudian dijadikan sebagai landasan perancangan ulang aplikasi ijogja. Hasil dari wawancara akan diolah menjadi affinity diagram lalu dibuat wireframe dan dilanjutkan dengan pembuatan prototype. Setelah perancangan ulang selesai maka dilakukan pengujian hasil perancangan ulang untuk mengetahui perbandingan antara desain asal dan hasil perancangan ulang.
Pengujian dilakukan dengan dua tahapan pengujian yaitu pengujian desain asal dan pengujian hasil perancangan ulang. Pengujian pada desain asal mendapatkan nilai efektivitas sebesar 87%, efisiensi penyelesaian dari setiap skenario yang dapat diselesaikan yaitu 43,79 detik, dan nilai kepuasan yang didapatkan yaitu berada pada kategori “bad”. Sedangkan untuk hasil perancangan ulang aplikasi ijogja mendapatkan hasil efektifitas sebesar 100%. Efisiensi penyelesaian dari setiap scenario yang dapat diselesaikan selama 23,86 detik atau 0,042 goal/second, dengan nilai kepuasan pengguna berada pada kategori “excellent”, yang berarti desain aplikasi setelah dilakukan perancangan ulang lebih baik dari sebelum perancangan ulang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | User-centered design, usability, efektivitas, efesiensi, kepuasan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65297 |
Actions (login required)
View Item |