Miftakhurrohman, M (2023) Hubungan minat membaca Al-Qur’an dengan kompetensi menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Fauzul Muslimin Kotagede. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031153_JUDUL__230304122342.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031153_BAB_I__230304113355.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031153_BAB_II__230304113355.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031153_BAB_III__230304113355.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031153_BAB_IV__230304113355.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031153_BAB_V__230304113355.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031153_DAFTAR_PUSTAKA__230304113355.pdf Download (149kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031153_LAMPIRAN__230304113355.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini terletak pada beberapa santri yang mempunyai sedikit minat membaca Al-Qur’an dan didapati juga memiliki kompetensi menghafal Al-Qur’an yang kurang maksimal. Walaupun diketahui di Pondok Pesantren Fauzul Muslimin Kotagede selalu dilakukan program tilawah Qur’an bersama setiap harinya sebelum memulai pembelajaran, baik pagi maupun malam. Berdasarkan temuan di lapangan maka peneliti tertarik untuk mencari tahu apakah minat membaca Al-Qur’an memiliki hubungan positif dengan kompetensi menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Fauzul Muslimin Kotagede. Dan seberapa kuat hubungan dari keduanya.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan model korelasional. Adapun pelaksanaan penelitian ini di Pondok Pesantren Fauzul Muslimin Kotagede, dan jumlah populasi sebanyak 50 responden yang merupakan keseluruhan sampel. Penarikan sampel ini menerapkan rumus Suharsimi Arikunto. Kemudian dari penelitian ini menggunakan variabel independen (X) adalah minat membaca Al-Qur’an, sedangkan variabel dependen (Y) yaitu kompetensi menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menerapkan teknik analisis data skoring, presentase, frekuensi, dan uji korelasi Rank/Spearman.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwasannya antara minat membaca Al-Qur’an dengan kompetensi menghafal Al-Qur’an memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam kategori rendah. Hal ini mengacu pada angka koefisien korelasi 0,308 yang menduduki kategori interval koefisien rendah. Maka minat membaca Al-Qur’an memiliki keterkaitan yang tidak banyak terhadap kompetensi menghafal Al-Qur’an, namun keduanya masih saling berkontribusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Minat membaca Al-Qur’an, kompetensi menghafal Al-Qur’an, AlQur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 01:28 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 01:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65300 |
Actions (login required)
View Item |