Almawaddah, Istiqomah (2023) Implementasi pendidikan karakter disiplin melalui budaya sekolah siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Semingin. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005249_JUDUL__230619094557.pdf Download (592kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005249_BAB_I__230619094557.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005249_BAB_II__230619094557.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005249_BAB_III__230619094557.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005249_BAB_IV__230619094557.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005249_BAB_V__230619094557.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005249_DAFTAR_PUSTAKA__230619094557.pdf Download (67kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005249_LAMPIRAN__230619094557.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter disiplin perlu diimplementasikan secara maksimal guna menjadikan siswa patuh, tidak melanggar peraturan serta membentuk jiwa kepemimpinan siswa. Sehingga integrasi Pendidikan karakter disiplin di sekolah tidak boleh gagal. Guru harus mampu mengintegrasikan Pendidikan karakter disiplin ke dalam pembelajaran, ekstrakurikuler ataupun melalui kegiatan budaya sekolah yang diterapkan di sekolah supaya mampu menjadi dasar soft skill yang akan menjadi cikal bakal generasi emas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi sekolah dalam penguatan nilai karakter disiplin siswa melalui kegiatan budaya sekolah serta faktor pendukung dan penghambatnya di SD Muhammadiyah Semingin.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan telaah dokumen. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi sekolah dalam menanamkan nilai karakter disiplin di SD Muhammadiyah Semingin melalui tiga lapisan budaya sekolah yaitu a) artefak yang meliputi kegiatan rutin sekolah dan fisik sekolah, b) nilai-nilai yang meliputi tata tertib dan visi misi sekolah, c) asumsi dasar yakni berlandaskan dengan latar belakang sekolah yaitu Kemuhammadiyahan dan sesuai. 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter disiplin siswa yaitu terlaksananya penerapan budaya sekolah, kerjasama dengan sekolah dengan wali siswa dan lingkungan sekitar serta sarana prasarana yang mendukung serta Faktor penghambatnya yaitu kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa ketika di rumah serta karakter siswa yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi karakter disiplin, budaya sekolah, faktor pendukung dan faktor penghambat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65320 |
Actions (login required)
View Item |