Peningkatan pemahaman Cyberbullying melalui layanan bimbingan kelompok teknik focus group discussion pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Klaten

Pahlevi, Muhammad Reza (2023) Peningkatan pemahaman Cyberbullying melalui layanan bimbingan kelompok teknik focus group discussion pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Klaten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001149_JUDUL__230620030117.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001149_BAB_I__230620030117.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001149_BAB_II__230620030117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001149_BAB_III__230620030117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001149_BAB_IV__230620030118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001149_BAB_V__230620030118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001149_DAFTAR_PUSTAKA__230620030118.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001149_LAMPIRAN__230620030118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi populer dan penting yang memberikan kemudahan dalam penyebaran segala macam informasi, akan tetapi media sosial juga mempunyai dampak negatif salah satunya perilaku cyberbullying. Pemahaman peserta didik terkait perilaku cyberbullying masih sebagian dan belum mendalam, sehingga mereka melakukan tindakan cyberbullying. Melihat fenomena tersebut dibutuhkan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang cyberbullying dengan teknik focus group discussion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan terhadap pemahaman peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Klaten tentang cyberbullying melalui layanan bimbingan kelompok teknik focus group discussion.
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain eksperimen dengan metode one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 3 Klaten. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 yang memiliki kategori tinggi dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah wawancara untuk pengumpulan data awal dan skala cyberbullying yang sudah dilakukan validitas dan reabilitas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh uji hipotesis dengan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 29 dengan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil nilai Asym Sig. (2-tailed) 0,012 < taraf signifikan yaitu 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik focus group discussion dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bimbingan kelompok, FGD, Cyberbullying
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:21
Last Modified: 11 Jul 2024 04:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65340

Actions (login required)

View Item View Item