Hidayati, Nurul (2023) Implementasi budaya islami sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900009011_JUDUL__230621123016.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900009011_BAB_I__230621123016.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900009011_BAB_II__230621123016.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900009011_BAB_III__230621123016.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900009011_BAB_IV__230621123016.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900009011_BAB_V__230621123016.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900009011_DAFTAR_PUSTAKA__230621123016.pdf Download (412kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900009011_LAMPIRAN__230621123016.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900009011_NASKAH_PUBLIKASI__230621123016.pdf Download (648kB) |
Abstract
SMP Muhammadiyah 1 Mlati memiliki misi “membentuk warga sekolah menjadi sekolah muslim berkarakter Qurani dan berkarakter Pelajar Pancasila yang membudaya di setiap aktivitas serta mewujudkan warga sekolah menjadi muslim yang mampu membaca Al-Quran”. Profil pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi salah satunya yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa yang memiliki keselarasan dengan budaya islami, karena Budaya Islami merupakan budaya yang dapat membentuk karakter dari peserta didik, yang dimana berkaitan dengan profil pelajar Pancasila pada elemen kunci akhlak beragama, akhlak pribadi, dan akhlak kepada manusia. SMP Muhammadiyah 1 Mlati memiliki program tentang penguatan pendidikan karakter (PPK) yang berkaitan dengan Budaya Islami, tetapi sekolah belum menerapkan sanksi yang tegas terhadap siswa-siswi yang melanggar program. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitannya adalah wakil kurikulum keagamaan, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Objek penelitian yaitu implementasi Budaya Islami sebagai penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Program yang dikembangkan di SMP Muhamamdiyah 1 Mlati yaitu berpakaian Islami, membaca Al-Quran dan Iqro, shalat berjamaah, menebar ukhuwah. Pembiasaan berpakaian islami dilaksanakan dengan pemakaian kerudung langsungan menutupi dada, baju berlengan panjang menutupi pergelangan tangan. Pembiasaan membaca Al-Quran dan iqro dilaksanakan sebelum pembelajaran dan setelah istirahat pertama. Pembiasaan shalat berjamaah untuk shalat dhuha dilakukan di mushola dan dzuhur dilakukan di masjid. Pembiasaan menebar ukhuwah dilaksanakan di pagi hari dengan memberikan senyum, salam, sapa kepada Bapak Ibu guru yang menyambut siswa di depan gerbang. Implementasi Budaya Islami dalam menguatkan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dalam berpakaian islami sudah dilakukan sesuai program sekolah. Implementasi budaya islami dalam membaca Al-quran dan iqro telah dilaksanakan sesuai program, dimana sekolah sudah menerapkan sesuai panduan dari profil pelajar Pancasila pada dimensi beriman dan bertaqwa elemen akhlak beragama dan akhlak pribadi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Siswa, budaya islami, profil pelajar pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 04:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65342 |
Actions (login required)
View Item |