Upaya meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik melalui gambar seri di kelas III SDN 3 Cintajaya

Fauzi, Wildan Ahmad (2023) Upaya meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik melalui gambar seri di kelas III SDN 3 Cintajaya. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005033_JUDUL__230908084511.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005033_BAB_I__230908084511.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005033_BAB_II__230908084511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005033_BAB_III__230908084511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005033_BAB_IV__230908084511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005033_BAB_V__230908084511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005033_DAFTAR_PUSTAKA__230908084511.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005033_LAMPIRAN__230908084511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005033_NASKAH_PUBLIKASI__230908084511.pdf

Download (343kB)

Abstract

Banyak bentuk inovasi yang bisa dilakukan oleh guru seperti mengembangkan bahan ajar, media pembelajaran, rencana pembelajaran dan lembar kerja peserta didik. Semua pengembangan tersebut mengarah kepada satu tujuan, yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengarang melalui media gambar seri di kelas III SD Negeri 3 Cintajaya. (2) Untuk meningkatkan kemampuan mengarang melalui media gambar seri di kelas III SDN 3 Cintajaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut terdapat dua siklus yaitu siklus I terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi, sedangkan siklus II perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus tersebut untuk melaksanakan penelitian peserta didik kelas III SDN 3 Cintajaya. Subjek dalam penelitian ini berupa kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik kelas III yang berjumlah 18 peserta didik. Objek penelitian ini yaitu terkait untuk mengetahui keterampilan mengarang peserta didik, dan meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik melalui media gambar seri. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen tugas peserta didik. Analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif dengan menggunakan indikator keberhasilan proses dan indikator keberhasilan produk. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan mengarang menggunakan gambar seri pada peserta didik kelas III SDN 3 Cintajaya. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 60,12 dan hannya 3 peserta didik yang memperoleh nilai tuntas. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik menjadi 68,07 dan 8 orang peserta didik memperoleh nilai tuntas, sedangkan 10 orang lainnya masih memperoleh nilai belum tuntas. Pada tindaan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik meningkat lagi menjadi 77,11 dengan 16 orang peserta didik yang memperoleh nilai tuntas dan 2 orang masih memperoleh nilai belum tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Mengarang, gambar seri, peserta didik kelas III
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:34
Last Modified: 11 Jul 2024 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65348

Actions (login required)

View Item View Item