Khasanah, Amalia Nur (2023) Upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik kelas V melalui kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005192_JUDUL__231123112641.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005192_BAB_I__231123112641.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005192_BAB_II__231123112641.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005192_BAB_III__231123112641.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005192_BAB_IV__231123112641.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005192_BAB_V__231123112641.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005192_DAFTAR_PUSTAKA__231123112641.pdf Download (39kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005192_LAMPIRAN__231123112641.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005192_NASKAH_PUBLIKASI__231123112641.pdf Download (484kB) |
Abstract
Pendidikan dipercaya sebagai media yang sangat efektif dalam membangun kecerdasan dan kepribadian anak untuk menjadi lebih baik. Proses pendidikan yang dilakukan di sekolah dinilai belum sepenuhnya berhasil dalam membangun manusia yang berkarakter. Pendidikan karakter harus diajarkan dan ditanamkan sedini mungkin kepada peserta didik dalam pembelajaran di sekolah, terutama karakter tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik kelas V melalui kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta dan faktor pendukung serta penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Kadisoka. Subjek penelitian ini adalah Guru PAI dan Wali Kelas V. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab terdapat nilai indikator pada peserta didik yang meliputi mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah dengan baik; bertanggung jawab atas setiap perbuatan; dan melaksanakan piket sesuai jadwal. Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan keagamaan yaitu dengan melakukan pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur dan shalat ashar secara berjamaah; melakukan kegiatan tadarus Al-Quran dan program tahfidz; melakukan pembiasaan kepada peserta didik untuk berperilaku dan berkata baik di sekolah; melakukan pembiasaan sikap disiplin dan tanggung jawab bagi peserta didik di lingkungan sekolah; menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta didik; dan memberikan teguran kepada peserta didik yang menunjukkan perilaku tidak baik. Faktor pendukungnya antara lain sekolah yang berbasis islami, rekan kerja seperti guru yang sudah kompeten di bidang akhlaknya, karyawan, aturan sekolah yang jelas, peserta didik dan orang tua peserta didik yang memberikan dukungan luar biasa supaya pendidikan karakter dapat terbentuk dengan baik. Faktor penghambatnya antara lain kurangnya waktu, faktor lingkungan luar seperti teman yang mengajarkan kosakata tidak baik dan pengaruh penggunaan smartphone.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Upaya guru, karakter tanggung jawab, kegiatan keagamaan sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:25 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65353 |
Actions (login required)
View Item |