Rofiah, Nurul Hidayati TEKNIK DAN APLIKASI GUIDED DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding seminar Nasional menjadi guru kreatif mengembangkan kemampuan konseptual dan keterampilan pedagogis dalam pembelajaran. pp. 144-159. ISSN 978-602-8783-43-9
Preview |
Text
teknik guided discovery.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Salah satu model pembelajaran menurut teori kognitif yang berpengaruh adalah discovery learning dari Jerome Bruner. Peserta didik diharapkan lebih mandiri dalam guided discovery dibandingkan ketika pembelajaran langsung. Diperlukan menajemen material dan perilaku dalam guided discovery. Hal ini digunakan agar memaksimalkan peserta didik dalam berpikir, lebih kritis, lebih mandiri, dan lebih bertanggung jawab. guru harus dengan hati-hati merencanakan pembelajaran, sehingga peserta didik dapat mempraktikkan tanggung jawabnya dengan kemungkinan berhasil. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen material dan perilaku diantaranya mengatasi kegaduhan (noise), menggunakan Psikologi daripada Paksaan, penggunaan sinyal (komunikasi non verbal), pendistribusian dan Pembersihan, perjanjian dengan barang-barang kotor dan berantakan, keterlibatan peserta didik di rumah.
Kata kunci: Guided discovery, pembelajaran IPA di SD
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Nurul Rofiah |
Date Deposited: | 17 May 2017 01:15 |
Last Modified: | 17 May 2017 01:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6585 |
Actions (login required)
View Item |