TEKNIK DAN APLIKASI GUIDED DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Rofiah, Nurul Hidayati TEKNIK DAN APLIKASI GUIDED DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding seminar Nasional menjadi guru kreatif mengembangkan kemampuan konseptual dan keterampilan pedagogis dalam pembelajaran. pp. 144-159. ISSN 978-602-8783-43-9

[thumbnail of teknik guided discovery.pdf]
Preview
Text
teknik guided discovery.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran menurut teori kognitif yang berpengaruh adalah discovery learning dari Jerome Bruner. Peserta didik diharapkan lebih mandiri dalam guided discovery dibandingkan ketika pembelajaran langsung. Diperlukan menajemen material dan perilaku dalam guided discovery. Hal ini digunakan agar memaksimalkan peserta didik dalam berpikir, lebih kritis, lebih mandiri, dan lebih bertanggung jawab. guru harus dengan hati-hati merencanakan pembelajaran, sehingga peserta didik dapat mempraktikkan tanggung jawabnya dengan kemungkinan berhasil. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen material dan perilaku diantaranya mengatasi kegaduhan (noise), menggunakan Psikologi daripada Paksaan, penggunaan sinyal (komunikasi non verbal), pendistribusian dan Pembersihan, perjanjian dengan barang-barang kotor dan berantakan, keterlibatan peserta didik di rumah.

Kata kunci: Guided discovery, pembelajaran IPA di SD

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurul Rofiah
Date Deposited: 17 May 2017 01:15
Last Modified: 17 May 2017 01:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item