Muchlas, M (2016) Blended Learning Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Praktik di Perguruan Tinggi Teknik. In: Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 22 Oktober 2016, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar, Bali.
|
Text
2016-muchlas-PROC-blended-learning-cover&artikel.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Implementasi pembelajaran praktik di perguruan tinggi teknik sering mengalami kendala ketersediaan ruang dan waktu serta pendekatan yang digunakan. Melalui penelitian ini ingin dihasilkan pembelajaran blended berbasis paham konstruktivisme yang dapat dilaksanakan secara fleksibel, efisien dan memotivasi pesertanya. Untuk melihat kesesuaian model yang dikembangkan dengan prinsip-prinsip belajar konstruktivisme dan dampak pembelajarannya, dilakukan survei persepsi dan pengukuran hasil belajar terhadap 25 orang subjek penelitian. Persepsi digali menggunakan angket sedangkan hasil belajar diukur menggunakan tes formatif. Penyajian informasi persepsi dilakukan dengan teknik persentase dan deskriptif naratif, sedang analisis dampak pembelajaran dilakukan dengan evaluasi menggunakan kriteria penilaian acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran praktik di perguruan tinggi teknik dapat dilaksanakan dengan mudah, efisien, fleksibel menggunakan pendekatan blended learning berbasis paham konstruktivisme dan menghasilkan pencapaian belajar yang cukup baik.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi |
Depositing User: | Dr. Muchlas , M.T. |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 02:29 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 02:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |