Blended Learning Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Praktik di Perguruan Tinggi Teknik

Muchlas, M (2016) Blended Learning Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Praktik di Perguruan Tinggi Teknik. In: Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 22 Oktober 2016, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar, Bali.

[thumbnail of 2016-muchlas-PROC-blended-learning-cover&artikel.pdf]
Preview
Text
2016-muchlas-PROC-blended-learning-cover&artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran praktik di perguruan tinggi teknik sering mengalami kendala ketersediaan
ruang dan waktu serta pendekatan yang digunakan. Melalui penelitian ini ingin dihasilkan pembelajaran
blended berbasis paham konstruktivisme yang dapat dilaksanakan secara fleksibel, efisien dan memotivasi
pesertanya. Untuk melihat kesesuaian model yang dikembangkan dengan prinsip-prinsip belajar
konstruktivisme dan dampak pembelajarannya, dilakukan survei persepsi dan pengukuran hasil belajar
terhadap 25 orang subjek penelitian. Persepsi digali menggunakan angket sedangkan hasil belajar diukur
menggunakan tes formatif. Penyajian informasi persepsi dilakukan dengan teknik persentase dan deskriptif
naratif, sedang analisis dampak pembelajaran dilakukan dengan evaluasi menggunakan kriteria penilaian
acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran praktik di perguruan tinggi teknik
dapat dilaksanakan dengan mudah, efisien, fleksibel menggunakan pendekatan blended learning berbasis
paham konstruktivisme dan menghasilkan pencapaian belajar yang cukup baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:29
Last Modified: 08 Sep 2017 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7170

Actions (login required)

View Item View Item