Efektivitas metode demonstrasi untuk menghafal bacaan sholat pada santri di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Nurul Huda

Indriyani, Fauziyah (2023) Efektivitas metode demonstrasi untuk menghafal bacaan sholat pada santri di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Nurul Huda. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031294_JUDUL__230324125055.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031294_BAB_I__230324125055.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031294_BAB_II__230324125055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031294_BAB_III__230324125055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031294_BAB_IV__230324125055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031294_BAB_V__230324125055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031294_DAFTAR_PUSTAKA__230324125055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu metode pembelajaran hafalan bacaan ṣholat yang digunakan di TPA Nurul Huda hanya monoton dan kurang menarik, seperti pembelajaran menghafal bacaan sholat secara bersama-sama. Dengan begitu santri di TPA Nurul Huda cenderung kurang memperhatikan dan tidak fokus menghafal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai efektivitas metode demonstrasi untuk menghafal bacaan sholat. Dengan metode tersebut apakah efektif atau sama saja dengan metode yang pernah digunakan sebelumnya.
Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis exprerimen semu (quasi experimental) dan design penelitian Times series design. Penelitian ini dilakukan di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sebanyak 40 santri. Pada penelitian ini, peneliti mencari perbandingan antara 2 variabel bebas (independen) yang disebut X. Sebelum adanya implementasi metode demonstrasi disebut X1. Sedangkan, setelah adanya implementasi metode demonstrasi disebut X2. Perbandingannya yaitu pada nilai pre test dan nilai post test anak-anak di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas, dan paired sampel t- test.
Hasil penelitian menunjukkan metode demonstrasi efektif untuk menghafal bacaan sholat untuk santri di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Hal tersebut dapat dilihat dari selisih nilai pre test dan post test pada pada tingkat 1 menunjukkan selisih angka 20.1%, pada tingkat 2 17%, tingkat 3 12,7�n presentase tingkat hafalan sebelum menggunakan metode demonstrasi sebesar 47,5�n sesudah menggunakan menggunakan metode demonstrasi sebesar 60%. Maka Ha diterima dengan nilai signifikansi 0,00< α 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Efektivitas, Metode demonstrasi, Hafalan bacaan sholat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:43
Last Modified: 27 Sep 2024 02:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75452

Actions (login required)

View Item View Item