Indriyani, Fauziyah (2023) Efektivitas metode demonstrasi untuk menghafal bacaan sholat pada santri di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Nurul Huda. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031294_JUDUL__230324125055.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031294_BAB_I__230324125055.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031294_BAB_II__230324125055.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031294_BAB_III__230324125055.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031294_BAB_IV__230324125055.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031294_BAB_V__230324125055.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031294_DAFTAR_PUSTAKA__230324125055.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu metode pembelajaran hafalan bacaan ṣholat yang digunakan di TPA Nurul Huda hanya monoton dan kurang menarik, seperti pembelajaran menghafal bacaan sholat secara bersama-sama. Dengan begitu santri di TPA Nurul Huda cenderung kurang memperhatikan dan tidak fokus menghafal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai efektivitas metode demonstrasi untuk menghafal bacaan sholat. Dengan metode tersebut apakah efektif atau sama saja dengan metode yang pernah digunakan sebelumnya.
Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis exprerimen semu (quasi experimental) dan design penelitian Times series design. Penelitian ini dilakukan di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sebanyak 40 santri. Pada penelitian ini, peneliti mencari perbandingan antara 2 variabel bebas (independen) yang disebut X. Sebelum adanya implementasi metode demonstrasi disebut X1. Sedangkan, setelah adanya implementasi metode demonstrasi disebut X2. Perbandingannya yaitu pada nilai pre test dan nilai post test anak-anak di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas, dan paired sampel t- test.
Hasil penelitian menunjukkan metode demonstrasi efektif untuk menghafal bacaan sholat untuk santri di TPA Nurul Huda Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Hal tersebut dapat dilihat dari selisih nilai pre test dan post test pada pada tingkat 1 menunjukkan selisih angka 20.1%, pada tingkat 2 17%, tingkat 3 12,7�n presentase tingkat hafalan sebelum menggunakan metode demonstrasi sebesar 47,5�n sesudah menggunakan menggunakan metode demonstrasi sebesar 60%. Maka Ha diterima dengan nilai signifikansi 0,00< α 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Efektivitas, Metode demonstrasi, Hafalan bacaan sholat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75452 |
Actions (login required)
View Item |