Malik, Dzaki (2023) Pengukuran domain service pada framework PIECES berdasarkan analisis sentimen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016163_JUDUL__231202102813.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016163_BAB_I__231202102813.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016163_BAB_II__231202102813.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016163_BAB_III__231202102813.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016163_BAB_IV__231202102813.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016163_BAB_V__231202102813.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016163_DAFTAR_PUSTAKA__231202102813.pdf Download (16kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016163_LAMPIRAN__231202102813.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
Abstract
Pengukuran kepuasan pengguna menggunakan kuesioner memiliki beberapa kelemahan, salahsatunya ketika responden menggunakan identitas anonim dimungkinkan responden memberikan jawaban yang tidak jujur. Hal tersebut menjadi hal penting dalam mengukur kepuasan pengguna, agar penilaian lebih objektif solusinya adalah dalam mengukur kepuasan pengguna menggunakan data ulasan, dalam hal ini penilaian atau pengukuran berdasarkan domain service.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PIECES yang hanya berfokus pada domain Service. Pengumpulan data dilakukan dengan mendapatkan data ulasan pada google play store sesuain aplikasi yang dipilih, yang kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan pre-processing, pembuatan dan pengumpulan keyword yang disimpan dalam bentuk dictionary, similarity data yang masuk pada domain berdasarkan dictionary, penskalaan menggunakan skala likert, dan perhitungan kepuasan.
Hasil perhitungan dalam mengukur tingkat kepuasan pada penelitian ini mendapatkan nilai yang berbeda-beda setiap item deskripsi pada domain service, didapatkan hasil pada item deskripsi accuracy menghasilkan nilai rata-rata kepuasan dengan nilai 3.51851 yang berarti “puas”, pada item deskripsi reliability menghasilkan nilai rata-rata kepuasan dengan nilai 3.46889 yang berarti “puas”, dan pada item deskripsi simplicity menghasilkan nilai rata-rata kepuasan
dengan nilai 3.54836 yang berarti “puas”, dengan kesimpulan berdasarkan penilaian kepuasan berdasarkan domain service bahwa aplikasi GRAB memerlukan peningkatan pelayanan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Dictionary, domain service, framework PIECES, skala likert, kepuasan pengguna, ulasan aplikasi GRAB |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:12 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75565 |
Actions (login required)
View Item |