Ariani, Nabilla Diva (2024) Keefektifan bimbingan kelompok dengan media video kisah inspiratif terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001177_JUDUL__240626120119.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001177_BAB_I__240626120119.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001177_BAB_II__240626120119.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001177_BAB_III__240626120119.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001177_BAB_IV__240626120119.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001177_BAB_V__240626120119.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001177_DAFTAR_PUSTAKA__240626120119.pdf Download (244kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001177_LAMPIRAN__240626120119.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Perencanaan karir yang efektif pada siswa sangat penting untuk membantu mereka menentukan tujuan dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai karir yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keefektifan layanan bimbingan kelompok menggunakan media video kisah inspiratif terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMA N 1 Bangsri.
Metode yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, normalitas dan homogenitas, uji t-test. Reliabilitas diukur dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,6117, menunjukkan instrumen yang digunakan cukup konsisten. Uji t-test menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata dari 2,585 pada pre-test menjadi 3,390 pada post-test, dengan t Stat sebesar 5,173 jauh di atas nilai t kritis. Hasil uji t berpasangan juga mendukung temuan ini, menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara skor pre-test dan post-test.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media video kisah inspiratif efektif dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. Video kisah inspiratif terbukti mampu meningkatkan motivasi intrinsik siswa melalui penyampaian kisah sukses yang relevan dan menginspirasi.
Hasil ini didukung oleh peningkatan rata-rata skor perencanaan karir siswa dan penurunan varians, menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan lebih fokus setelah intervensi. Oleh karena itu, sekolah dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi atau memperluas penggunaan metode ini dalam program bimbingan karir mereka untuk memberikan dampak positif yang signifikan pada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan kelompok, media video, kisah inspiratif, perencanaan karir, siswa kelas XI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:00 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75589 |
Actions (login required)
View Item |