Implementasi pendidikan inklusif pada masa pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD Negeri Giwangan

Wahyu Ningrum, Dian (2023) Implementasi pendidikan inklusif pada masa pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD Negeri Giwangan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005012_JUDUL__230302014421.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005012_BAB_I__230302014421.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005012_BAB_II__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005012_BAB_III__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005012_BAB_IV__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005012_BAB_V__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005012_DAFTAR_PUSTAKA__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005012_LAMPIRAN__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005012_NASKAH_PUBLIKASI__230302014421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif adalah jenis pendidikan yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar. Penyelenggaraan pendidikan inklsuif ini sebagai strategi dalam memenuhi hak asasi manusia untuk anak berkebutuhan khusus pada pendidikan. Dalam proses pembelajaran inklusif memerlukan pengelolaan untuk mencapai pembelajaran yang ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan inklusif dan faktor penghambat serta pendukung pendidikan inklusif pada masa pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD N Giwangan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru dan 1 wakil kepala bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan persiapan sebelum mengajar yaitu sebagai berikut: guru di SD N Giwangan telah mengembangkan kurikulum. Sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru di SD N Giwangan membuat RPP dan Silabus. Dalam proses belajar mengajar guru di SD N Giwangan ini menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Guru di SD N Giwangan menggunakan media pembelajaran untuk menunjang proses belajar siswa dengan menyesuaikan materi pembelajaran. Dalam Pelaksanaan pembelajaran inklusif ABK belajar bersama dengan anak normal dengan menggunakan kurikulum yang sama. Pengaturan tempat duduk ABK cenderung di depan. Komunikasi siswa berbeda-beda, tergantung kondisi anak. Partisipasi siswa saat mengikuti pembelajaran sudah baik. Guru mengayomi ABK saat pembelajaran berlangsung. Sekolah melakukan pengelolaan dan mengembangkan sumber daya manusia. Sekolah juga melakukan pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Evaluasi pembelajaran meliputi ulangan harian, PTS, dan PAT. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan inklusif di masa pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD N Giwangan yaitu ada beberapa program yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan guru dan cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada fasilitas yang perlu ditingkatkan untuk anak berkebutuhan khusus dan kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendidikan inklusif, pembelajaran tatap muka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:04
Last Modified: 30 Sep 2024 05:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75616

Actions (login required)

View Item View Item