Pandu Ma'rufi, Diva (2024) Implementasi pendidikan humanis pada sekolah ramah anak di SD Negeri Tinom. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005364_JUDUL__240927101307.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005364_BAB_I__240927101307.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005364_BAB_II__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005364_BAB_III__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005364_BAB_IV__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005364_BAB_V__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005364_DAFTAR_PUSTAKA__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005364_LAMPIRAN__240927101307.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005364_NASKAH_PUBLIKASI__240927074334.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter
humanisme pada peserta didik. Pendidikan humanisme dapat memberikan
pengalaman belajar pada peserta didik. Pendidikan humanis berfokus pada
mengoptimalkan potensi peserta didik. Kekuatan utama pendidikan humanis
adalah bagaimana ia mencerminkan seluruh tingkah laku peserta didik, baik
emosi, pikiran, maupun tindakan. Adanya pendidikan humanis, peserta didik
dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka, menjadi individu
yang lebih mandiri, berkepribadian, dan berpikir kritis. Agar sistem
pendidikan humanis dapat direalisasikan dengan baik maka harus diimbangi
dengan sistem pembalajaran ramah anak yang dikemas menjadi sekolah ramah
anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi
pendidikan humanis di SD Negeri Tinom dan mendeskripsikan faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan humanis di SD Negeri
Tinom
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
jenis kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini melibatkan kepala sekolah,
guru kelas 2 dan kelas 4, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Miles and Huberman untuk
menganalisis hasil penelitian yang memiliki Langkah-langkah pengumpulan data,
reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Penelitin menggunakan Teknik
triangulasi dalam menguji keabsahan data.
Hasil penelitian ini yaitu Implementasi pendidikan humanis di SD Negeri
Tinom melibatkan penerapan nilai kedamaian, lemah lembut, toleransi,
kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab melalui berbagai kegiatan dan
metode pembelajaran. Nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam cara pendidik
menyambut siswa, proses pembelajaran yang ramah, tugas kelompok, motivasi
untuk mandiri, kegiatan ekstrakurikuler, serta aturan dan jadwal piket. Sekolah
juga mendukung program ramah anak dengan kebijakan perlindungan anak,
fasilitas seperti dispenser dan area bermain, serta melibatkan orang tua dalam
berbagai kegiatan. Sebaliknya, di SD Negeri Brongkol, meskipun pendidikan
humanis didukung oleh sarana dan prasarana serta kegiatan ekstrakurikuler,
terdapat kendala berupa beberapa siswa yang sulit dinasehati dan melakukan
tindakan negatif, seperti mengganggu teman selama proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan humanis, sekolah ramah anak, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75621 |
Actions (login required)
View Item |