MUHAMMAD NURCHOLIS, SIDIQ (2024) Pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Medelling Notation (BPMN) studi kasus Tracer Study BIMAWA UAD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700016012_JUDUL__240726011013.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700016012_BAB_I__240726011013.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700016012_BAB_II__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700016012_BAB_III__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700016012_BAB_IV__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700016012_BAB_V__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016012_DAFTAR_PUSTAKA__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700016012_LAMPIRAN__240726011013.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) merupakan biro yang menangani seluruh bidang akademik kemahasiswaan dan alumni sebagai Biro Layanan Mahasiswa dan Alumni salah satunya pelayanan Tracer Study di website CDC dengan nama Sistem Informasi Teknologi dan Tracer (SITTra). Tracer Study adalah sebagai sarana untuk melakukan pengisian data tracer oleh alumni yang diperlukan oleh Universitas untuk melakukan penulusuran jenjang karir para alumni UAD. Proses bisnis yang berjalan saat ini pada kategori mahasiswa/alumni masih kurang informasi terkait layanan tracer study dan alumni tidak mau mengisi data tracer study. Pada kategori staff tidak menginformasikan kemahasiswa terkait layanan tracer study. Pada kategori system tidak ada notifikasi yang masuk staff saat alumni sudah mengisi data, menghubungi alumni hanya melewati media whatsapp dan data yang terinput tidak bisa di akses oleh prodi/fakultas.
Process landscape model digunakan untuk mengidentifikasi proses bisnis utama dan pendukung, serta dilakukan analisis permasalahan pada proses bisnis saat ini yang sedang berjalan menggunakan Root Cause Analiysis (RCA) dengan teknik Fishbone diagram. Setelah akar permasalahan ditemukan, akan di lakukan perbaikan dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI) Kemudian di akhir tahapan di lakukan perbandingan antara proses bisnis saat ini yang sedang berjalan dengan proses bisnis rekomendasi perbandingan dilakukan menggunakan simulasi time analysis dari software Bizagi Modeler.
Hasil dari analisis terdapat 3 faktor permasalahan yaitu Staff, Sistem dan Alumni. Setelah ditemukan permasalahan dilakukannya perbaikan proses bisnis dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Lalu diakhir tahapan dilakukannya simulasi Time Analysis dan Resource Analysis. Time Analysis menghasilkan selisih rata-rata sebesar 14h 12m 5s atau dengan presentase 21,59%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | BPI, BPMN, BIMAWA, tracer study, process landscape model |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 05:44 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75648 |
Actions (login required)
View Item |