Pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Medelling Notation (BPMN) studi kasus Tracer Study BIMAWA UAD

MUHAMMAD NURCHOLIS, SIDIQ (2024) Pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Medelling Notation (BPMN) studi kasus Tracer Study BIMAWA UAD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700016012_JUDUL__240726011013.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700016012_BAB_I__240726011013.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700016012_BAB_II__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700016012_BAB_III__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700016012_BAB_IV__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700016012_BAB_V__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016012_DAFTAR_PUSTAKA__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700016012_LAMPIRAN__240726011013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) merupakan biro yang menangani seluruh bidang akademik kemahasiswaan dan alumni sebagai Biro Layanan Mahasiswa dan Alumni salah satunya pelayanan Tracer Study di website CDC dengan nama Sistem Informasi Teknologi dan Tracer (SITTra). Tracer Study adalah sebagai sarana untuk melakukan pengisian data tracer oleh alumni yang diperlukan oleh Universitas untuk melakukan penulusuran jenjang karir para alumni UAD. Proses bisnis yang berjalan saat ini pada kategori mahasiswa/alumni masih kurang informasi terkait layanan tracer study dan alumni tidak mau mengisi data tracer study. Pada kategori staff tidak menginformasikan kemahasiswa terkait layanan tracer study. Pada kategori system tidak ada notifikasi yang masuk staff saat alumni sudah mengisi data, menghubungi alumni hanya melewati media whatsapp dan data yang terinput tidak bisa di akses oleh prodi/fakultas.

Process landscape model digunakan untuk mengidentifikasi proses bisnis utama dan pendukung, serta dilakukan analisis permasalahan pada proses bisnis saat ini yang sedang berjalan menggunakan Root Cause Analiysis (RCA) dengan teknik Fishbone diagram. Setelah akar permasalahan ditemukan, akan di lakukan perbaikan dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI) Kemudian di akhir tahapan di lakukan perbandingan antara proses bisnis saat ini yang sedang berjalan dengan proses bisnis rekomendasi perbandingan dilakukan menggunakan simulasi time analysis dari software Bizagi Modeler.

Hasil dari analisis terdapat 3 faktor permasalahan yaitu Staff, Sistem dan Alumni. Setelah ditemukan permasalahan dilakukannya perbaikan proses bisnis dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Lalu diakhir tahapan dilakukannya simulasi Time Analysis dan Resource Analysis. Time Analysis menghasilkan selisih rata-rata sebesar 14h 12m 5s atau dengan presentase 21,59%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: BPI, BPMN, BIMAWA, tracer study, process landscape model
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:44
Last Modified: 08 Oct 2024 05:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75648

Actions (login required)

View Item View Item