RIZKI AYUNINGTYAS, ARINDA (2024) Pengembangan media pembelajaran video Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk pencegahan Covid-19 pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005264_JUDUL__240727101357.pdf Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005264_BAB_I__240727101357.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005264_BAB_II__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005264_BAB_III__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005264_BAB_IV__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005264_BAB_V__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005264_DAFTAR_PUSTAKA__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005264_LAMPIRAN__240727101357.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang efektif memerlukan media yang mampu menarik minat siswa dan memudahkan pemahaman materi. Selama pandemi Covid-19, kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif dan menarik semakin meningkat. Video tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Pencegahan Covid-19 dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran konvensional. Media pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa kelas V SD memahami dan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyebaran Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran video PHBS, dan (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video PHBS untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahapan: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan dan konteks yang melibatkan identifikasi kurikulum, kompetensi dasar, dan kebutuhan siswa. Tahap Design melibatkan pembuatan prototipe video yang menyajikan materi PHBS secara sistematis dan menarik, dilengkapi dengan elemen visual dan audio yang mendukung. Pada tahap Develop, dilakukan uji coba dan validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Umpan balik dari para ahli digunakan untuk merevisi dan menyempurnakan video. Pengembangan yang dilakukan pada skripsi ini adalah dengan membuat storyboard, merekam adegan- adegan video, mengedit video untuk memastikan alur yang jelas dan menarik, serta menyertakan teks dan narasi yang sesuai dengan standar EYD.
Hasil validasi menunjukkan bahwa video ini memenuhi standar kualitas yang sangat baik. Ahli materi memberikan nilai rata-rata 79 dengan kategori " Baik", ahli media memberikan nilai rata-rata 80 dengan kategori "Sangat Baik", dan ahli pembelajaran memberikan nilai rata-rata 94 dengan kategori "Sangat Baik". Berdasarkan hasil ini, video pembelajaran PHBS dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan siswa selama pandemi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan media pembelajaran, video edukasi, perilaku hidup bersih dan sehat, pencegahan Covid-19, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75668 |
Actions (login required)
View Item |