Perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee

SRI WAHYUDANINGSIH, DWI (2024) Perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700013099_JUDUL__240727033926.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700013099_BAB_I__240727033926.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700013099_BAB_II__240727033926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700013099_BAB_III__240727033927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700013099_BAB_IV__240727033927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700013099_BAB_V__240727033927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700013099_DAFTAR_PUSTAKA__240727033927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700013099_LAMPIRAN__240727114303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1700013099_NASKAH_PUBLIKASI__240727033927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy

Abstract

Shopee merupakan aplikasi e-commerce yang paling populer di Indonesia. Promosi menarik yang ditawarkan oleh Shopee dapat memicu terjadinya perilaku impulsive buying pada konsumen, khususnya ibu muda. Ibu muda memiliki peran sebagai istri, ibu, sekaligus bertanggungjawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga sehingga rentan memiliki perilaku impulsive buying. Impulsive buying adalah pembelian yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba, tanpa perencanaan yang matang atau pertimbangan yang mendalam disertai dengan dorongan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee serta faktor-faktor yang memengaruhinya dengan melibatkan tiga orang ibu muda berusia 20—40 tahun yang memiliki pengalaman impulsive buying di Shopee. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan instrumen wawancara semiterstruktur dalam proses pengambilan data. Analisis data menggunakan analisis tematik dan uji validitas melalui member check. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan tipe criterion sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee melibatkan empat aspek yang meliputi spontanitas, kekuatan, kompulsi dan intensitas, gairah dan stimulasi, dan ketidakpedulian akan akibat, serta dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sehingga dapat disimpulkan bahwa ibu muda memiliki perilaku impulsive buying saat berbelanja di aplikasi Shopee.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ibu muda, impulsive buying, shopee
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:22
Last Modified: 01 Oct 2024 04:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75684

Actions (login required)

View Item View Item