SRI WAHYUDANINGSIH, DWI (2024) Perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700013099_JUDUL__240727033926.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700013099_BAB_I__240727033926.pdf Download (576kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700013099_BAB_II__240727033926.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700013099_BAB_III__240727033927.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700013099_BAB_IV__240727033927.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700013099_BAB_V__240727033927.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700013099_DAFTAR_PUSTAKA__240727033927.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700013099_LAMPIRAN__240727114303.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700013099_NASKAH_PUBLIKASI__240727033927.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) | Request a copy |
Abstract
Shopee merupakan aplikasi e-commerce yang paling populer di Indonesia. Promosi menarik yang ditawarkan oleh Shopee dapat memicu terjadinya perilaku impulsive buying pada konsumen, khususnya ibu muda. Ibu muda memiliki peran sebagai istri, ibu, sekaligus bertanggungjawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga sehingga rentan memiliki perilaku impulsive buying. Impulsive buying adalah pembelian yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba, tanpa perencanaan yang matang atau pertimbangan yang mendalam disertai dengan dorongan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee serta faktor-faktor yang memengaruhinya dengan melibatkan tiga orang ibu muda berusia 20—40 tahun yang memiliki pengalaman impulsive buying di Shopee. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan instrumen wawancara semiterstruktur dalam proses pengambilan data. Analisis data menggunakan analisis tematik dan uji validitas melalui member check. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan tipe criterion sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku impulsive buying pada ibu muda yang berbelanja di aplikasi Shopee melibatkan empat aspek yang meliputi spontanitas, kekuatan, kompulsi dan intensitas, gairah dan stimulasi, dan ketidakpedulian akan akibat, serta dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sehingga dapat disimpulkan bahwa ibu muda memiliki perilaku impulsive buying saat berbelanja di aplikasi Shopee.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Ibu muda, impulsive buying, shopee |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75684 |
Actions (login required)
View Item |