Syifa Dhewi, Asy (2024) Pengembangan media Canva berbasis Tiktok dalam pembelajaran teks prosedur untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003094_JUDUL__240731102804.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003094_BAB_I__240731102804.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003094_BAB_II__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003094_BAB_III__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003094_BAB_IV__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003094_BAB_V__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003094_DAFTAR_PUSTAKA__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003094_LAMPIRAN__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003094_NASKAH_PUBLIKASI__240731102804.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terkendalanya proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Liwa karena belum adanya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu menarik peserta didik sehingga dapat bersemangat dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran, seperti pengembangan media Canva berbasis TikTok dalam pembelajaran teks prosedur untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, menerapkan (implementasi), serta mengevaluasi media Canva berbasis TikTok dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa.
Jenis penelitian adalah pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE milik Dick dan Carry (1996) dan memiliki 5 langkah atau tahapan, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek coba pada penelitian ini dilakukan oleh ahi media, ahli materi, ahli pengajaran, serta pengguna media yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif-deskriptif.
Hasil penelitian ini berupa media Canva berbasis TikTok dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa. Hasil kelayakan diuji oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pengajaran. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh dalam media pengembangan ini sebesar 92,4. Skor tersebut didapatkan dari ahli media sebesar 82,2 poin; dari ahli materi sebesar 95 poin; dari ahli pengajaran sebesar 100 poin. Berdasarkan hasil validasi, maka media Canva berbasis TikTok dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa sudah “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran.
Implementasi yang telah dilaksanakan dan komentar yang diberikan peserta didik pada google form menunjukkan bahwa peserta didik menjadi tertarik dalam pembelajaran sehingga lebih aktif dan kondusif selama kegiatan belajar mengajar, serta dari peserta didik memperoleh skor sebesar 79,73 dan termasuk dalam kategori “Layak”. Evaluasi dalam media yang telah dikembangkan, antara lain font perlu diperbesar dan penulisan kalimat perlu dicek keefektifannya. Kemudian, kesalahan lain terletak pada bagian kepenulisan angka kelas 7 yang seharusnya menggunakan angka romawi, yakni kelas VII. Terdapat kekurangan dalam video bagian volume suara perlu diperbesar. Berdasarkan uraian tersebut, maka media Canva berbasis TikTok dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Liwa dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, canva, tiktok, teks prosedur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75710 |
Actions (login required)
View Item |