Lailatul Janah, Faradita (2024) Efektivitas model Project Based Learning terhadap kreativitas seni rupa peserta didik kelas V SDN 2 Purwojiwo Wonosobo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005324_JUDUL__240809112512.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005324_BAB_I__240809112512.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005324_BAB_II__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005324_BAB_III__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005324_BAB_IV__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005324_BAB_V__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005324_DAFTAR_PUSTAKA__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005324_LAMPIRAN__240809112512.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kreativitas seni rupa pada peserta didik kelas V yang diakibatkan model pembelajaran yang digunakan masih model konvensional yakni ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model project based learning terhadap kreativitas seni rupa peserta didik kelas V SDN 2 Purwojiwo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 2 Purwojiwo dengan sampel 33 peserta didik. Alat penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes, dan lembar telaah dokumentasi. Data diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa pre-test kreativitas seni rupa memperoleh rata-rata 33,3333 dan post-test kreativitas seni rupa memperoleh rata-rata 51,2121. Analisis dilakukan dengan SPSS versi 29 dan didapatkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan antara hasil nilai kreativitas seni rupa setelah diterapkan model dengan hasil nilai kreativitas seni rupa sebelum diterapkan model. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (lebih kecil 0,05) pada model penerapan project based learning, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model project based learning terhadap kreativitas seni rupa. Dengan demikian, temuan hasil menunjukkan penerapan model PjBL memiliki efektivitas terhadap peningkatan kreativitas seni rupa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Project based learning, kreativitas, seni rupa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75712 |
Actions (login required)
View Item |