Penerapan literasi membaca pada kurikulum merdeka belajar kelas IV di SD Negeri Godean 2

Miftakhul Jannah, Nadia (2024) Penerapan literasi membaca pada kurikulum merdeka belajar kelas IV di SD Negeri Godean 2. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005257_JUDUL__240810100737.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005257_BAB_I__240808113633.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005257_BAB_II__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005257_BAB_III__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005257_BAB_IV__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005257_BAB_V__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005257_DAFTAR_PUSTAKA__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005257_LAMPIRAN__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005257_NASKAH_PUBLIKASI__240808113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Program literasi sekolah sangat penting untuk di terapkan di Lembaga pendidikan. Karena dengan adanya literasi dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Upaya yang di tempuh dalam literasi sekolah salah satunya berupa kebiasaan membaca pada peserta didik. Pembiasaan yang di lakukan biasanya membaca dengan waktu selama 15 menit, misalkan guru membacakan buku dan peserta didik membaca dalam hati dan juga di sesuaikan dengan konteks atau target sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta faktor pendukung dan penghambat literasi membaca pada kurikulum merdeka belajar kelas IV di SD Negeri Godean 2.
Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian antara lain kepala sekolah, guru dan 2 orang siswa. Objek penelitian mengenai literasi sekolah yang berfokus pada pojok baca dikelas 4 SD Negeri Godean 2. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display, conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Di SD Negeri Godean 2 telah menerapkan literasi pojok baca siswa dengan menyediakan berbagai macam buku untuk meningkatkan keterampilan membaca. Dari penerapan gerakan literasi ini SD Negeri Godean 2 telah dievaluasi bahwasannya berhasil karena telah meningkatkan keterampilan membaca bukan hanya siswa tetapi seluruh warga sekolah. (2) Faktor pendukung yaitu antusiasme seluruh warga sekolah, Fasilitas pojok, fasilitas internet yang memadai, dan perpustakaan sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu dari segi fasilitas pada buku yang tersedia di pojok baca kurang memadai, masih kurangnya kemauan pada diri sendiri untuk membaca, dan masih ada suasana kegaduhan siswa yang dapat menganggu siswa lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Analisis, gerakan literasi, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:20
Last Modified: 02 Oct 2024 03:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75713

Actions (login required)

View Item View Item