Model internalisasi nilai-nilai tarikh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Wayang Kekayon Khalifah di SMAN 5 Puspanegara Yogyakarta

Hidayat, Kun (2024) Model internalisasi nilai-nilai tarikh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Wayang Kekayon Khalifah di SMAN 5 Puspanegara Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052076_JUDUL__240813104556.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052076_BAB_I__240813104556.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052076_BAB_II__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052076_BAB_III__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052076_BAB_IV__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052076_BAB_V__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052076_DAFTAR_PUSTAKA__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2242052076_LAMPIRAN__240813104556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Pendidikan Agama Islam yang memanfaatkan kearifan budaya lokal Jawa dalam pembelajaran, akibatnya terjadi pengikisan baik secara budaya Jawa dan agama Islam yang kurang bisa diajarkan dengan menyesuaikan kearifan lokal. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengkaji internalisasi pendidikan berbasis budaya Jawa di SMAN 5 Puspanegara guna menganalisis konsep pembelajarannya, serta rumusan konsep pembelajarannya yang mampu menjadi model pendidikan berbasis budaya Jawa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, pendekatan kualitatif. Sumber data primer dari wawancara dengan informan dalang Wayang Kekayon Khalifah, satu guru PAI, dan lima murid kelas X SMAN 5 Puspanegara, sedangkan sumber data sekunder berasal dari teknik pengumpulan data lainnya, terkait pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Puspanegara yang menggunakan kesenian Wayang Kekayon Khalifah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis konten analisis. Menganalisis data seputar subjek pendidikan berbasis budaya Jawa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Puspanegara menggunakan Wayang Kekayon Khalifah.
Hasil penelitian menunjukkan konsep pendidikan berbasis budaya Jawa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Wayang Kekayon Khalifah di SMAN 5 Puspanegara Yogyakarta meliputi konsep integratif, menyesuaikan momentum, atraktif, bermuatan sejarah, kolaboratif, dan mendayagunakan artefak budaya. Konsep tersebut menghasilkan model pendidikan berbasis budaya Jawa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kesenian Wayang Kekayon Khalifah yang meliputi: merujuk pedoman ajar, merealisasikan tujuan pemerintah daerah berkenaan dengan pendidikan berbasis budaya Jawa, memiliki nilai hakikat kehidupan, merevitalisasi nilai luhur budaya Jawa, bersifat komunikatif dan interaktif, serta bersifat konservatif purifikatif.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Pendidikan berbasis budaya jawa, pendidikan agama islam, wayang kekayon khalifah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:10
Last Modified: 03 Oct 2024 09:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75794

Actions (login required)

View Item View Item