Hanifah, Siti (2024) Pengaruh media pembelajaran renewable energy berbasis budaya lokal terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Cimanggu. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005345_JUDUL__240815044432.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005345_BAB_I__240815044432.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005345_BAB_II__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005345_BAB_III__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005345_BAB_IV__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005345_BAB_V__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005345_DAFTAR_PUSTAKA__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005345_LAMPIRAN__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005345_NASKAH_PUBLIKASI__240815044432.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik membantu untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu permasalahan. Tetapi fakta di lapangan kemampuan peserta didik masih rendah. Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya kemampuan peserta didik yang disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru, peserta didik bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran renewable energy berbasis budaya lokal terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Cimanggu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan 24 sampel. Validitas yang digunakan validitas instrumen oleh validator dan korelasi Product Moment Pearson sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan statistik inferensial serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Pengolahan data menggunakan bantuan IBM SPSS ver.26.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran renewable energy berbasis budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Cimanggu. Peserta didik mengalami peningkatan kemampuan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata sebelum perlakuan adalah 56,33 (rendah) dan rata-rata sesudah perlakuan adalah 80 (tinggi). Hasil tersebut juga diuji dengan uji t-test sig (2-tailed) mendapat hasil nilai signifikansi posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,017 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran renewable energy berbasis budaya lokal berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu diharapkan perlunya guru menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran agar kemampuan berpikir peserta didik berkembang dan pembelajaran berjalan aktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, renewable energy, budaya lokal, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75800 |
Actions (login required)
View Item |