Nur Adha, Haringun (2024) Pengembangan asesmen akidah akhlak berbasis Mentimeter untuk kelas 7 dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2242052084_JUDUL__240816094736.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2242052084_BAB_I__240816094737.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2242052084_BAB_II__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2242052084_BAB_III__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2242052084_BAB_IV__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2242052084_BAB_V__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052084_DAFTAR_PUSTAKA__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2242052084_LAMPIRAN__240816094737.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan asesmen yang menarik
dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan asesmen akidah akhlak berbasis Mentimeter untuk siswa
kelas 7 dan mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 10 tahap dari Brog & Gall. Populasi
penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta
sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi,
dokumentasi, kuisioner, dan tes. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan
skala 4 yang dianalisis secara proporsional, sedangkan data kualitatif
dianalisis secara deskriptif. Analisis efektivitas menggunakan uji normalitas
dan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan utama. Pertama, pengembangan
asesmen akidah akhlak berbasis Mentimeter dinilai sangat layak digunakan,
dengan skor rata-rata validasi oleh ahli asesmen sebesar 96%, ahli materi
sebesar 99%, dan ahli media sebesar 84%. Kedua, efektivitas asesmen ini
dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test. Uji Paired Sample T-Test
menunjukkan sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis nol
ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa asesmen
akidah akhlak berbasis Mentimeter efektif dalam meningkatkan pemahaman
siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Asesmen, akidah akhlak, mentimeter, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75805 |
Actions (login required)
View Item |