Pengaruh moralitas pajak, budaya pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak dan tarif pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi

PRAMUDYA YUDHA PANGESTU, DIMAS (2024) Pengaruh moralitas pajak, budaya pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak dan tarif pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800012313_JUDUL__240824103345.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800012313_BAB_I__240824103345.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800012313_BAB_II__240824103345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800012313_BAB_III__240824103345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800012313_BAB_IV__240824103345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800012313_BAB_V__240824103345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800012313_DAFTAR_PUSTAKA__240824103345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan salah satu pendapatan terbesar negara, pajak mempunyai tugas yang signifikan mendukung pertumbuhan nasional dan usaha pemerintah untuk mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik. Di Indonesia tingkat rasio kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan surat pemberitahuan (SPT) dari tahun 2017-2022 mengalami penurunan dan peningkatan, hal tersebut melambangkan tanggung jawab wajib pajak belum sepenuhnya dilaksanakan. Salah satu wilayah yang belum mencapai target dalam tingkat kepatuhan pelaporan perpajakan oleh wajib pajak yaitu di KPP Pratama Kabupaten Purbalingga, khususnya pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moralitas pajak, budaya pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak dan tarif pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Purbalingga dengan jumlah sebanyak 100 responden. Penentuan sampel menggunakan Incidental Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moralitas pajak berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Apabila wajib pajak memiliki moral pajak yang baik, hal tersebut dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Budaya pajak berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Ketika kegiatan perpajakan menjadi budaya di lingkungan masyarakat dan melekat dalam diri mereka sehingga mempengaruhi individu lain untuk melakukan kewajiban perpajakannya dan menimbulkan interaksi berkelanjutan, maka kepatuhan wajib pajak akan mengalami peningkatan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Upaya atau langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan seperti peningkatan infrastruktur dengan menciptakan Tempat Pelayanan Terpadu (TPT), peningkatan keandalan petugas pajak dalam memberikan pelayanan serta peningkatan kualitas penggunaan sistem informasi dan teknologi dapat memberikan dorongan terhadap wajib pajak sehingga wajib pajak memiliki keinginan melaksanakan kewajiban perpajakannya, maka kepatuhan wajib pajak meningkat. Sanksi pajak berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Sanksi pajak yang diberlakukan oleh pemerintah telah sesuai dengan regulasi, sehingga meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tarif pajak berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Tarif pajak yang berlaku di Indonesia telah sesuai dengan aturan yang berlaku serta dianggap tidak memberatkan bagi wajib pajak, sehingga kepatuhan wajib pajak meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kepatuhan wajib pajak, moralitas pajak, budaya pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak, tarif pajak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:21
Last Modified: 03 Oct 2024 09:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75810

Actions (login required)

View Item View Item