Analisis pemberian reward dan punishment pada motivasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Sunten

Wulan Ramadhani, Pertiwi (2024) Analisis pemberian reward dan punishment pada motivasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Sunten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005124_JUDUL__240824100113.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005124_BAB_I__240824092945.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005124_BAB_II__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005124_BAB_III__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005124_BAB_IV__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005124_BAB_V__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005124_DAFTAR_PUSTAKA__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005124_LAMPIRAN__240824092945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. pemberian motivasi belajar harus diikuti dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment pada motivasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Sunten. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan seluruh peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Sunten. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan reward dan punishment di SD Muhammadiyah Sunten berhasil meningkatkan motivasi siswa dalam belajar hal tersebut terlihat pada Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari ketika siswa mengerjakan soal ujian baik PTS ,PAS dan soal evaluasi di setiap akhir materinya. Tak hanya itu saja siswa juga aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru disetiap selesai pembelajaran. hal tersebut terbukti dari peningkatan nilai siswa yang cukup baik sehingga bisa tuntas KKM ketika telah melaksanakan ujian sekolah. Dari segi sikap dan kemandirin belajar juga terlihat dari siswa ketika sedang belajar secara berkelompok, siswa dapat aktif menjawab pertanyyan dari kelompok lain dan mampu memecahkan persoalan yang sulit secara bersama. Tak hanya itu saja siswa juga lebih aktif dalam selama pembelajaran berlangsung.
Adapun faktor pendukung yang ada dalam pemberian reward dan punishment di SD Muhammadiyah Sunten yaitu adanya dorongan dan dukungan dari berbagai pihak baik orang tua siswa, guru serta sarana pedukung lainnya yaitu reward berupa hadiah. Hal ini yang selalu sukses membuat para siswa untuk berkompetisi dengan temannya. Jadi siswa selalu antusias belajar ketika guru masuk kelas dengan membawa hadiah. Adapula faktor penghambat Faktor penghambat yang terdapat pada pemeberian reward dan punishment pada penerapan reward dan punishment pada motivasi belajar siswa terletak pada situasi dan kondisi siswa yang berbeda beda, pemberian terlalu sering akan menjadi beban psikologis pada siswa dimana siswa yang cenderung malas lebih sering mendapat Punishment dari guru, di bandingkan siswa yang lebih aktif belajar, namun hambatan tersebut seiring berjalnya waktu mulai dapat diminimalisir dengan baik sehingga siswa dapat mulai aktif namun dalam kurn waktu yang sedikit lambat. Saran untuk guru, sekolah maupun untuk penelitian selanjutnya juga disampaikan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Reward, punishment, siswa, motivasi, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:16
Last Modified: 03 Oct 2024 09:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75816

Actions (login required)

View Item View Item