Yuniarto, Angga (2024) Implementasi pembelajaran ISMUBA dalam penguatan nilai-nilai karakter islami di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011031146_JUDUL__240923032137.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011031146_BAB_I__240923025749.pdf Download (414kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011031146_BAB_II__240923025749.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011031146_BAB_III__240923025749.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011031146_BAB_IV__240923025749.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011031146_BAB_V__240923025749.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011031146_DAFTAR_PUSTAKA__240923025749.pdf Download (379kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011031146_LAMPIRAN__240923025749.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta karena dilatar belakangi beberapa hal yaitu, visi yang diusung sekolah relevan dengan judul dan tujuan penelitian yakni tentang bagaimana implementasi pembelajaran ISMUBA mampu membentuk karakter Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pembelajaran yang dilakukan guru ISMUBA dalam penguatan nilai karakter Islami selain itu juga untuk mengetahui kendala dan solusi dalam implementasi pembelajaran ISMUBA dalam penguatan nilai-nilai Karakter Islami dan mengetahui manfaat implementasi pembelajaran ISMUBA terhadap penguatan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan dengan langsung terjun kelapangan dan melihat langsung bagaimana faktanya kemudian dijadikan sebagai data. Pada penelitian ini sumber data primer diperoleh dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui Wawancara terhadap narasumber yang terdiri dari guru dan siswa. Penelitian ini mengunakan data primer dan sekunder meliputi buku, jurnal, skripsi dan berbagai sumber lain yang relevan dengan topik pembahasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru ISMUBA dalam penguatan nilai karakter Islami bagi siswanya memiliki banyak hal, namun yang pertama sebelum itu guru harus mampu menjaga rohani dalam dirinya supaya bersih. Kemudian terkait kendala yakni tentang belum meratanya pemahaman siswa sehingga guru perlu melakukan pemetaan untuk menyesuaikan proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penguatan nilai-nilai karakter Islami dapat dilihat dari terbentuknya habbit kebiasaan siswa dalam membangun kesadaran beragama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | ISMUBA, nilai-nilai karakter Islami, implementasi pembelajaran, pendidikan karakter, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:37 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75865 |
Actions (login required)
View Item |