Aninda Zakiyah, Nurzahrawani (2024) Implementasi pojok baca "Cahaya Kehidupan Radu" sebagai penggerak literasi di SDN Inpres Radu. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005246_JUDUL__240926125039.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005246_BAB_I__240926093211.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005246_BAB_II__240926093211.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005246_BAB_III__240926093211.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005246_BAB_IV__240926093211.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005246_BAB_V__240926093211.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005246_DAFTAR_PUSTAKA__240926093212.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005246_LAMPIRAN__240926093212.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005246_NASKAH_PUBLIKASI__240926125039.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
Abstract
Literasi sangat penting sebagai pondasi awal yang kuat untuk perkembangan pendidikan terkhususnya di sekolah dasa karena pada bangku sekolah dasar peserta didik dikenalkan mengenai membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui penerapan pojok baca "Cahaya Kehidupan Radu" sebagai penggerak literasi di SDN Inpres Radu. 2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan pojok baca di SDN Inpres Radu.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi teknik dan sumber. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pojok baca "Cahaya Kehidupan Radu" di SDN Inpres Radu sudah berjalan dengan baik dan memberikan perubahan yang positif terhadap minat membaca pada peserta didik. Ada beberapan faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan pojok baca, untuk faktor pendorong yaitu adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua dan mahasiswa kampus mengajar 2 serta masyarakat, kemudian adanya fasilitas sarana prasarana yang cukup memadai, adanya dukungan dan motivasi serta dana. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu, pojok baca tidak di update secara berkala. Kondisi buku ada yang rusak dan tidak segara diganti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Literasi, pojok baca, penggerak literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 06:04 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75962 |
Actions (login required)
View Item |