Penguatan nilai-nilai budaya melalui pembelajaran seni rupa di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin

Chusnuzon Muflichun, Safri (2024) Penguatan nilai-nilai budaya melalui pembelajaran seni rupa di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005231_JUDUL__240926093306.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005231_BAB_I__240926093308.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005231_BAB_II__240926093308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005231_BAB_III__240926093308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005231_BAB_IV__240926093308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005231_BAB_V__240926093309.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005231_DAFTAR_PUSTAKA__240926093309.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005231_LAMPIRAN__240926093309.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nilai-nilai budaya di SD Muhammadiyah Semingin diajarkan melalui berbagai kegiatan, termasuk penggunaan pakaian adat, yang bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap tradisi lokal, menghargai keberagaman, dan memupuk sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran seni rupa di SD Muhammadiyah Semigin merupakan pembelajaran yang efektif dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan fungsi dan proses pembelajaran seni rupa melalui gambar ilustrasi di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin 2) mendeskripsikan penguatan nilai-nilai budaya melalui pembelajaran seni rupa gambar ilustrasi di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin. Objek dalam penelitian ini adalah penguatan nilai-nilai budaya melalui pembelajaran seni rupa di kelas VI SD Muhammadiyah Semingin. Teknik pengumpulan data dari penelitian deskriptif kualitatif yaitu observasi, wawancara dan analisis dokumen. Untuk memperoleh data dalam penelitian maka dibuat instrumen penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran seni rupa di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin telah berhasil menjadi sarana yang efektif dalam penguatan nilai-nilai budaya. Hasil dari penelitian menunjukan, 1) fungsi dan proses pembelajaran seni rupa melalui gambar ilustrasi di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin telah melalui berbagai aktivitas seni rupa, peserta didik tidak hanya mengembangkan keterampilan artistik peserta didik, tetapi juga memahami dan menghargai warisan budaya yang ada. Proses ini memperlihatkan bahwa seni rupa dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk menanamkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda. 2) penguatan nilai-nilai budaya melalui pembelajaran seni rupa gambar ilustrasi di kelas IV SD Muhammadiyah Semingin menggunakan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan kreatif. SD Muhammadiyah Semingin memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengekspresikan diri dan berkolaborasi dengan teman-teman peserta didik, dengan demikian, pembelajaran seni rupa tidak hanya memperkaya wawasan budaya peserta didik, tetapi juga mendukung perkembangan pribadi peserta didik secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Penguatan, nilai-nilai budaya, pembelajaran, seni rupa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:48
Last Modified: 07 Oct 2024 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75963

Actions (login required)

View Item View Item