Asyari, Diana (2024) Pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107050005_JUDUL__240926104103.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107050005_BAB_I__240926104103.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107050005_BAB_II__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107050005_BAB_III__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107050005_BAB_IV__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107050005_BAB_V__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107050005_DAFTAR_PUSTAKA__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2107050005_LAMPIRAN__240926104104.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Relasi dan fungsi adalah salah satu materi yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Memahami dan merencanakan penyelesaian sering menjadi kesulitan bagi peserta didik dan dapat menimbulkan kesalahan pada jawaban yang akan dihasilkan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar respon peserta didik, dan soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji validitas, diperoleh persentase hasil dari lembar validasi ahli materi adalah 80,75% dan ahli media adalah 81,04%, dapat diartikan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning berada dalam kategori valid. Sedangkan berdasarkan lembar respon peserta didik, diperoleh persentase hasil 74,23% yang berarti E-LKPD berbasis problem based learning berada dalam kategori praktis. Selanjutnya berdasarkan hasil pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah, diperoleh rata-rata 42,23 untuk pretest dan 69,15 untuk posttest, yang artinya nilai pretest < posttest, maka dapat disimpulkan E-LKPD berbasis problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja peserta didik elektronik, problem based learning, relasi dan fungsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 06:05 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 06:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75970 |
Actions (login required)
View Item |