Fransisca, Riska (2024) Efektivitas multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap student engagement IPA kelas VI di SD Muhammadiyah Gendeng. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005048_JUDUL__240926120444.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005048_BAB_I__240926120444.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005048_BAB_II__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005048_BAB_III__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005048_BAB_IV__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005048_BAB_V__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005048_DAFTAR_PUSTAKA__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005048_LAMPIRAN__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005048_NASKAH_PUBLIKASI__240926120444.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan utama yang terfokus pada tiga
aspek penting. Pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD
Muhammadiyah Gendeng. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk
mengukur tingkat keterlibatan peserta didik (student engagement) dalam
pembelajaran IPA ketika menggunakan multimedia interaktif. Ketiga,
penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas multimedia interaktif
berbasis Articulate Storyline 3 terhadap peningkatan student engagement
dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD Muhammadiyah Gendeng.
Adapun penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah
Gendeng, Yogyakarta, Indonesia. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental,
menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Desain ini
membandingkan hasil sebelum dan sesudah perlakuan (X). Nilai pretest
(O1) diukur sebelum perlakuan, dan nilai posttest (O2) diukur setelah
perlakuan.
Hasil penelitian yang di hasilkan oleh peneliti menunjukan
pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis Articulate
Storyline 3 pada materi tata surya di kelas VI B terlaksana dengan baik.
Hal ini tercermin dari peningkatan keterlibatan peserta didik (student
engagement) selama pembelajaran dengan sintaks yang mencakup
penyampaian tujuan, penyajian informasi, pengorganisasian kelompok
belajar, serta evaluasi. Kedua, terdapat peningkatan signifikan dalam
student engagement setelah penggunaan multimedia interaktif, dengan
kategori keterlibatan yang paling dominan berada pada tingkat sedang.
Ketiga, multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terbukti
sangat efektif dalam meningkatkan student engagement, dengan
perolehan nilai effect size yang sangat besar. Pembelajaran yang berpusat
pada peserta didik, di mana peserta didik mengoperasikan multimedia
secara mandiri, mendukung efektivitas ini, sehingga hipotesis mengenai
efektivitas multimedia interaktif dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dapat diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Multimedia, articulate storyline 3, student engagement |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 04:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 04:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75976 |
Actions (login required)
View Item |