Analisis dampak pembelajaran daring di masa Covid-19 terhadap karakter peserta didik di SD Negeri Tegaldowo

DINDADARI RAHAYU, IKA (2023) Analisis dampak pembelajaran daring di masa Covid-19 terhadap karakter peserta didik di SD Negeri Tegaldowo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005237_JUDUL__230901071359.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005237_BAB_I__230831034223.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005237_BAB_II__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005237_BAB_III__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005237_BAB_IV__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005237_BAB_V__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005237_DAFTAR_PUSTAKA__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005237_LAMPIRAN__230831034223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005237_NASKAH_PUBLIKASI__230831034312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Covid-19 menyebabkan dampak yang besar di Indonesia terutama pada bidang pendidikan. Akibatnya semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring memberikan dampak terhadap karakter peserta didik yang sudah baik kini menjadi menurun. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap karakter peserta didik di SD Negeri Tegaldowo dan upaya untuk mengatasi dampak pembelajaran daring terhadap karakter peserta didik di SD Negeri Tegaldowo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik SD Negeri Tegaldowo. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah dampak pembelajaran daring di masa Covid-19 terhadap karakter peserta didik SD Negeri Tegaldowo dan upaya untuk mengatasi dampak pembelajaran daring di masa Covid-19 terhadap karakter peserta didik SD Negeri Tegaldowo.
Berdasarkan hasil penelitian banyak ditemukan penurunan nilai karakter peserta didik. Nilai karakter yang terdampak diantaranya disiplin, tanggung jawab, jujur, dan mandiri. Penyebab turunnya nilai karakter tersebut disebabkan karena pembelajaran daring yang mengakibatkan guru tidak bisa maksimal dalam mendidik peserta didik secara langsung. Guru tidak bisa memberikan motivasi dan nasihat secara langsung setiap harinya, mereka hanya bisa memantau peserta didik dalam jaringan. Munculnya dampak pembelajaran daring ini membuat SD Negeri Tegaldowo melakukan upaya untuk mengatasi dampak negatif pembelajaran daring diantaranya dengan melalui tindakan preventif, represif, persuasif, kuratif, serta hukuman. Dengan dilaksanakannya sekolah tatap muka, guru dapat membantu peserta didik membangun karakternya yang dulu sudah terbentuk. Sehingga setiap hari guru memotivasi dan menasihati peserta didik sebelum dan sesudah memulai pembelajaran, pikiran peserta didik akan terisi oleh hal-hal yang positif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Dampak pembelajaran daring, Covid-19, karakter peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Oct 2024 04:11
Last Modified: 05 Oct 2024 04:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75980

Actions (login required)

View Item View Item