KHOIRUNNISA, IZAAZ (2023) Pengembangan media Puzzle Picture dalam bimbingan kelompok tentang berpikir kreatif pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600001275_JUDUL__230404102347.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600001275_BAB_I__230404102347.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600001275_BAB_II__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600001275_BAB_III__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600001275_BAB_IV__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600001275_BAB_V__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001275_DAFTAR_PUSTAKA__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1600001275_LAMPIRAN__230404102347.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir keratif diartikan sebagai suatu kegiatan mental yang digunakan seseorang untuk membangun ide atau gagasan baru Siswono (dalam Saefudin, 2012). Berpikir keratif diartikan sebagai kemampuan menempatkan berbagai objek-objek yang ada dan mengombinasikannya menjadi bentuk yang berbeda supaya tujuan-tujuan yang baru Andangsari (dalam Mursidik, 2015). Media dijadikan sebagai alat bantu guru BK dalam menyampikan materi layanan dengan disesuaikan kebutuhan siswa. Guru dalam hal ini sangat berperan agar meningkatkan cara berpikir kreatif siswa. Untuk meningkatkan berpikir kreatif pada siswa dapat menggunakan metode yang di gunakan, soal-soal yang diberikan kepada siswa maupun penugasan dari guru yang menuntut siswa untuk menyelesaikan dengan cara berpikir kreatif.
Dalam hal ini pembelajaran yang digunakan guru harus dapat merangsang keterampilan berpikir kreatif dan membantu mengekpresikan siswa dalam gagasan dan mengkomunikasikan secara ilmiah. Maka tujuan pengembangan penelitian ini adalah mengembangkan Pengembangan Media Puzzle Picture Tentang Berpikir Kreatif Siswa SMP (Uji Produk Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping) yang dapat digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling sebagai Teknik dan media dalam pemberian layanan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Borg & Gall samapai pada tahap ke-5 yaitu revisi desain. Dengan melakukan uji ahli materi, uji ahli media dan uji ahli layanan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah uji ahli materi memperoleh nilai 83 kategori sangat baik. Uji ahli media memperoleh nilai 80 kategori sangat baik. Sedangkan uji ahli layanan memperoleh nilai 85 kategori sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan ahli layanan maka Pengembangan Media Puzzle Picture Tentang Berpikir Kreatif Siswa SMP (Uji Produk Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping) dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media puzzle picture, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 03:36 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 03:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75982 |
Actions (login required)
View Item |