Metodologi pengajaran pendidikan agama Islam menurut Ahmad Tafsir

ANWAR ARIFIN, YANU (2023) Metodologi pengajaran pendidikan agama Islam menurut Ahmad Tafsir. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700031036_JUDUL__230404011701.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700031036_BAB_I__230404011702.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700031036_BAB_II__230404011702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700031036_BAB_III__230404011702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700031036_BAB_IV__230404011702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700031036_BAB_V__230404011702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031036_DAFTAR_PUSTAKA__230404012738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700031036_LAMPIRAN__230404012738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika pengajaran pendidikan agama Islam yang sering ditandai adanya permasalahan yang menjadi hambatan-hambatan dalam pengajaran pendidikan agama Islam. Permasalahan pendekatan metode pengajaran pendidikan agama Islam antara lain pendidik yang tidak terbiasa dengan berbagai pendekatan metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran, sehingga hanya menggunakan satu pendekatan di kelas sehingga membuat murid bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran yang dilakukan. Pendidik masih kurang kreatif dalam menggunakan metode pengajaran. Ahmad Tafsir merupakan pemikir dalam bidang pendidikan Islam dan filsafat. Penelitian ini mengkaji tentang konsep pengajaran yang baik berdasarkan pemikiran Ahmad Tafsir yang bertujuan untuk dapat mengetahui konsep pengajaran yang baik yang sesuai dapat diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan dalam pembelajaran agama Islam.
Jenis penelitian adalah penelitian kajian pustaka (library research) yaitu mengumpulkan data atau karya ilmiah seperti buku-buku, skripsi, jurnal ilmiah serta media internet yang dapat mendukung penelitian untuk memecahkan suatu masalah berdasarkan penelitian secara kritis dan mendalam terhadap sumber data yang relevan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode deduktif, berfikir dari kesimpulan yang umum memperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Pemilihan, pencarian, penyajian, dan analisis data pustaka merupakan proses yang dipakai untuk pengumpulan data dalam metode penelitian kepustakaan. Untuk mendapatkan data yang akurat pengumpulan data yang dilaksanakan penulis dalam penelitian ini ialah dengan menghimpun buku-buku, laporan penelitian, tesis, disertasi dan karangan-karangan ilmiah yang relevansinya bersangkutan dengan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Ahmad Tafsir.
Hasil penelitian yang penulis lakukan diperoleh hasil bahwa metodologi pengajaran agama Islam menurut Ahmad Tafsir merupakan pembahasan tentang tata cara pembuatan rencana belajar (lesson plan) agama Islam. Prinsip-prinsip mengajar yang harus dimiliki oleh pendidik meliputi: a. pengajaran hendaknya menarik minat, b. partisipasi murid dalam kegiatan pembelajaran, c. prinsip pengulangan, d. perbedaan individu, e. kematangan murid, f. prinsip kegembiraan, g. prinsip mengajar murid belajar, h. ketersediaan alat-alat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ahmad tafsir, metodologi pengajaran agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:37
Last Modified: 05 Oct 2024 03:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75985

Actions (login required)

View Item View Item