Endang Pertiwi, Intan (2023) Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005085_JUDUL__230406062509.pdf Download (677kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005085_BAB_I__230406062509.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005085_BAB_II__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005085_BAB_III__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005085_BAB_IV__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005085_BAB_V__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005085_DAFTAR_PUSTAKA__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005085_LAMPIRAN__230406062509.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian berawal dari perkembangan teknologi yang cukup pesat pada bidang pendidikan menyebabkan nilai-nilai kearifan lokal semakin terkikis. Serta pemanfaatan bahan ajar menggunakan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal juga belum maksimal. Sehingga dibutuhkan pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan menganalisis kualitas serta kelayakan produk yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data penelitian ini dianalisis menggunakan data kuantitatif analisis statistik deskriptif dan data kualitatif analisis kerangka kerja. Analisis data digunakan untuk mendapatkan hasil uji kualitas dan uji kelayakan multimedia interaktif. Uji kualitas divalidasi oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa. Sedangkan uji kelayakan dinilai oleh respon guru dan siswa.
Langkah-langkah pengembangan bahan ajar multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD dimulai dengan tahap Analysis kebutuhan. Tahap Design yaitu, merancang multimedia sesuai materi, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, flowchart dan storyboard. Tahap Development, yaitu membuat produk kemudian uji validasi dengan para ahli. Tahap Implementation, yaitu melakukan uji coba produk kepada siswa dan guru di kelas IV SD. Tahap Evaluation, yaitu menilai produk yang telah diperoleh dari instrumen penilaian ahli dan uji coba, serta berisi tentang saran atau masukan. Hasil analisis kualitas dinilai oleh ahli media dengan nilai sebesar 89,28 kategori “Sangat Baik”, ahli materi sebesar 85 kategori “Sangat Baik”, ahli pembelajaran sebesar 97,5 kategori “Sangat Baik”, dan ahli bahasa sebesar 91,66 kategori “Sangat Baik”. Hasil analisis kelayakan dinilai oleh guru dengan mendapatkan nilai sebesar 96,8 dengan kategori “Sangat Baik”, dan hasil penilaian oleh siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,1 dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. Karena pengembangan multimedia interaktif menawarkan bahan ajar yang inovatif dan menarik minat siswa untuk belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Teknologi, multimedia interaktif, kearifan lokal, bahan ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76075 |
Actions (login required)
View Item |