Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2019

Nida Fauziyyah, Alifa (2023) Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2019. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031206_JUDUL__230605112036.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031206_BAB_I__230605015038.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031206_BAB_II__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031206_BAB_III__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031206_BAB_IV__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031206_BAB_V__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031206_DAFTAR_PUSTAKA__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031206_LAMPIRAN__230605015038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kurangnya keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2019 dalam proses perkuliahan. Terdapat beberapa faktor yang memicu keaktifan belajar mahasiswa, salah satunya adalah dengan metode diskusi kelompok di mana dengan metode tersebut dapat meningkatkan peran keaktifan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adakah pengaruh metode diskusi kelompok terhadap keaktifan belajar dan seberapa besar pengaruh antara metode diskusi kelompok terhadap keaktifan belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional dan regresi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Angkatan 2019 dengan mengambil sampel sebanyak 196 mahasiswa dari total populasi sebanyak 384 mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Angkatan 2019. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kaidah Slovin dengan teknik simple random sampling. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah metode diskusi kelompok, sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi olah data SPSS.
Hasil penelitian ini memiliki Nilai signifikansi 0,000 diperoleh dari analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Pertama berdasarkan dasar pengambilan keputusan yaitu nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,05, maka dikatakan bahwa variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Kedua diperoleh nilai R sebesar 0,722 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara metode diskusi kelompok dengan keaktifan belajar mahasiswa PAI UAD berada pada kategori kuat. Ketiga nilai R Square 0,522 yang artinya 52,2% variasi pada variabel X (Metode Diskusi Kelompok) dapat dijelaskan oleh variasi variabel Y (Keaktifan Belajar), sedangkan sisanya 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Metode, diskusi kelompok, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:34
Last Modified: 10 Oct 2024 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76234

Actions (login required)

View Item View Item