Liftia, Rinadika (2023) Pengembangan e-modul sistem pencernaan manusia sebagai bahan ajar biologi kelas XI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800008036_JUDUL__230808091329.pdf Download (815kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800008036_BAB_I__230807115425.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800008036_BAB_II__230807115425.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800008036_BAB_III__230807115425.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800008036_BAB_IV__230807115425.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800008036_BAB_V__230807115426.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800008036_DAFTAR_PUSTAKA__230807115426.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Materi sistem pencernaan menjadi salah satu materi yang masih sering terjadi miskonsepsi. Karakteristik materi dalam tubuh yang dinilai abstrak dan sulit untuk diindera secara langsung dapat menimbulkan proses yang sulit pada proses belajar siswa. Keterbatasan pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembuatan bahan ajar menjadi landasan pengembangan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran pada materi Sistem Pencernaan Manusia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and development). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Langkah-langkah pertama; analysis (analisis), kedua; design (desain), ketiga; development (pengembangan), keempat; implementation (implementasi), dan kelima; evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang divalidasi oleh ahli materi dan diperoleh nilai 97,91% dengan kategori sangat baik, ahli media 72,5% dengan kategori baik, guru biologi 96,25% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya uji coba e-modul pada siswa diperoleh respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Pada uji kelompok kecil diperoleh nilai 100% dengan kategori sangat baik dan uji kelompok besar memperoleh nilai 96,98% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-Modul Sistem Pencernaan Manusia yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | E-modul, R&D, sistem pencernaan, Flip Pdf Professional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 08:21 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76241 |
Actions (login required)
View Item |